Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 14 November 2017, 15:57 WIB

Kontes Mobil Hemat Energi

Mobil Hemat Energi Mahasiswa Untidar Jadi Pendatang Terbaik

Pertiwi - detikOto
Mobil Hemat Energi Mahasiswa Untidar Jadi Pendatang Terbaik Foto: Tim Elang Untidar Magelang
Magelang - Jerih payah mahasiswa Teknik Mesin Universitas Tidar Magelang yang ikut dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) di Sirkuit Kenjeran Park Surabaya tak sia-sia. Mobil buatan mereka, Elang Untidar, dinobatkan sebagai The Best Rookie atau Pendatang Baru Terbaik.

Ketua sekaligus Manajer Tim Elang, Heru Sai Udin mengatakan, prototype mobil hemat energi tersebut berhasil menyelesaikan sejumlah tahapan yang diujikan oleh panitia KMHE.

"Elang Untidar berhasil menyelesaikan 5 race dalam kurun waktu 4 hari, mulai Rabu (8/11/2017) hingga Sabtu (11/11/2017). Perolehan waktu terbaik adalah 22 menit 56 detik dimana mampu menempuh jarak 96 km dengan daya 1 kwh/h," jelas Heru, kepada detikOto di Magelang.

Dia menyebutkan, setiap menjelang race, tiap peserta diwajibkan mengikuti scrutineering. Ada 10 post pengecekan yang harus dilalui oleh tim sebelum dilanjutkan ke tahap race. Diantaranya pengecekan berat, rem, kemanan pengemudi, sabuk, helm, sepatu, alat pemadam kebakaran, dan lainnya.

"Pada race awal, Elang Untidar sempat terkendala pada bagian rem depan. Panitia tidak mengizinkan kami melanjutkan ke tahap race jika rem belum sesuai dengan standar, sehingga harus diperbaiki lebih dulu," ungkap Heru.

Pendamping tim Elang, Sigit Joko Purnomo menambahkan, keberangkatan tim Elang awalnya memang hanya fokus pada race.
"Ternyata kondisi di lapangan berbeda. Proses scrutineering sebelum race saja sudah sangat rumit, berkali-kali harus bongkar pasang," imbuhnya.

Dalam praktiknya di lapangan, mobil akan diukur setiap kali menyelesaikan race. Baik untuk bahan bakar yang terpakai, jarak, waktu, maupun kecepatan.


Menurut Sigit, KMHE merupakan ajang kompetensi dalam pengelolaan engine. Sehingga, kompetisi ini tidak hanya sekedar mobil bisa jalan, namun juga bagaimana menjaga performa mobil tetap stabil.

"Karena ini kontes hemat energi, maka luarannya mobil juga harus mampu berjalan dengan betul-betul menghemat energi, go green tanpa polusi," katanya.

Selama kompetisi berlangsung, lanjut Sigit, seluruh tim sudah bekerja secara maksimal. Tim tersebut juga siap mengikuti ajang serupa di tahun mendatang. "Kerja keras tim terbayar. Kami siap untuk ikut even serupa di tahun depan," ujarnya.



Seperti yang diketahui, Elang (Electrical Lightweight Automobile Non Gasoline) merupakan prototype mobil hemat energi berbasis tenaga listrik pertama, karya mahasiswa D3 Teknik Mesin Untidar. Pada kompetisi KMHE di Surabaya, Elang Untidar bersaing dengan 17 tim dari perguruan tinggi se-Indonesia. (ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed