Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 08 November 2017, 10:56 WIB

Jokowi Mantu

Kereta Kencana, Kendaraan Mewah pada Zamannya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kereta Kencana, Kendaraan Mewah pada Zamannya Foto: Danu Damarjati/ detikcom
Solo -

[Gambas:Video 20detik]

Bukan mobil mewah seperti banyak orang ternama gunakan saat pesta pernikahan di era modern ini, rangkaian prosesi pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution menggunakan kereta kencana. Sebanyak delapan kereta kencana hadir dalam proses kirab pagi tadi.

Sejak roda ditemukan sekitar 3.500 tahun lalu, perkembangan transportasi di dunia semakin berkembang. Dulu sempat ada kendaraan yang ditarik oleh kuda, kereta kuda.

Kereta kencana, yang merupakan kereta kuda mewah, menjadi kendaraan mewah pada zamannya. Dulu, ratu, raja, dan para ningrat menggunakan kendaraan jenis itu. Saat itu, kendaraan bermotor belum booming.

Tahun 1800-an, bentuk mobil masih berupa kereta namun didorong oleh mesin, menggantikan kuda. Istilah tenaga kuda juga sampai sekarang masih digunakan untuk menghitung kekuatan sebuah mesin mobil.



Dalam prosesi kirab pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution, terdapat delapan kereta kuda yang dibuat selama setahun oleh GBPH Yudhaningrat, adik Sultan Hamengku Buwono X, di Yogyakarta. Per kereta kuda harganya diperkirakan senilai Rp 100 juta.

Kereta Kencana, Kendaraan Mewah pada ZamannyaFoto: Rengga Sancaya




Kereta kencana ini dibuat tangan. Makanya, pembuatan kereta kencana ini menghabiskan waktu sampai satu tahun.



Setiap kereta kencana ditarik oleh dua ekor kuda. Totalnya dalam prosesi ini terdapat 16 ekor kuda yang menarik kereta kencana.

"Ikuti liputan Jokowi Mantu, klik di sini" (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed