Kamis, 02 Nov 2017 14:05 WIB

BPKB Hilang, Ini Solusi dan Syaratnya

Khairul Imam Ghozali - detikOto
BPKB Duplikat Foto: Dikhy Sasra
Jakarta - Siapa yang meragukan pentingnya Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB)? Dijamin setiap pengendara di Indonesia pasti paham sekali akan pentingnya sebuah BPKB. Lalu bagaimana jika BPKB Otolovers hilang?

Tenang, jika kejadiaan naas tersebut terjadi pada Otolovers, jangan khawatir ya. Karena BPKB Otolovers masih bisa diurus di pihak berwajib. Karena jika BPKB Otolovers hilang, dapat dibuat duplikatnya. Lalu apa saja syarat yang harus dipenuhi kalau ingin membuat duplikat BPKB ya?

Dijelaskan Perwira administrasi Tata Usaha Seksi Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) Ditlantas Polda Metro Jaya, Iptu Efri, ada tiga syarat yang wajib untuk mengajukan duplikat BPKB.

"Harus bikin surat kehilangan, dari Kepolisian nah itu paling rendah itu Polres, kalau mau bikin persyaratan bikin duplikat BPKB dari Polres atau Polda," ujarnya saat dihubungi detikOto.

"Kemudian nanti dibikin berita acara di reserse, berita acara pemeriksaan di reserse," kata Efri.

Kemudian pihak pelapor kehilangan juga wajib menyertakan kendaraan yang tercantum pada BPKB yang hilang.

"Dihadirkan kendaraan-nya untuk cek fisik, kemudian diberikan berita acara cek fisik," ucap Efri.

Lalu, pihak pelapor juga harus mencari minimal tiga media nasional yang bisa mengumumkan kehilangan BPKB yang dialaminya. "Ya untuk diumumkan ke masyarakat, agar masyarakat pada tahu, pada baca. Bisa saja kan dari pemberitaan di media itu BPKB-nya ketemu jadi nggak perlu bikin duplikatnya," terang Efri.

Cukup ribetkan Otolovers? Untuk itu hati-hati yah, jangan sampai BPKB Otolovers hilang. (khi/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com