Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 01 November 2017, 08:00 WIB

Laporan dari Jepang

Melihat Fasilitas Pembuatan Gas Hidrogen di Jepang

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Melihat Fasilitas Pembuatan Gas Hidrogen di Jepang Foto: Rangga Rahadiansyah
Yokohama - Hidrogen dipercaya akan menjadi sumber energi yang lebih ramah lingkungan pada masa depan. Banyak fungsi yang bisa dimanfaatkan dari sumber energi hidrogen, salah satunya adalah mobil sel bahan bakar (fuel cell vehicle/FCV).

Toyota tak hanya membuat mobil hidrogen. Menggandeng pemerintah setempat, Toyota Motor Corporation dan beberapa perusahaan Toyota lainnya membuat proyek uji coba pembuatan rantai pasokan energi hidrogen yang ramah lingkungan. Proses produksi, penyimpanan, transportasi, sampai penggunaan energi hidrogen di sini mengurangi emisi CO2.

Proses produksi hidrogen yang ramah lingkungan ini dilakukan di situs bernama Hama Wing. Hama Wing sendiri adalah sebutan dari Yokohama City Wind Power Plant, yang menghasilkan listrik dari angin.

Hama Wing sendiri terletak di Yokohama, Jepang. Proses produksi hidrogen di Hama Wing mengandalkan teknologi ramah lingkungan. Hidrogen yang dihasilkan Hama Wing digunakan oleh forklift sel bahan bakar di Keihin Waterfront Area.

Sekadar diketahui, hidrogen didapat dari elektrolisis air atau penguraian senyawa air dengan menggunakan arus listrik. Arus listrik yang digunakan di Hama Wing didapat dari tenaga angin. Angin berkecepatan minimal 4 meter per detik akan memutar kincir raksasa Hama Wing ini. Selanjutnya, putaran baling-baling itu akan menghasilkan listrik. Listrik yang didapat dari angin kemudian digunakan untuk elektrolisis air menjadi hidrogen.

Melihat Fasilitas Pembuatan Gas Hidrogen di JepangFoto: Rangga Rahadiansyah


Hidrogen diproduksi di sistem elektrolisis air. Namun, itu belum cukup untuk menjalankan forklift. Hidrogen itu harus dikompresi lagi. Ada alat untuk mengompresi tekanan hidrogen dari 0,4 MPa menjadi 45 MPa sehingga siap digunakan untuk menjalankan forklift.

Proses kompresi hidrogenProses kompresi hidrogen Foto: Rangga Rahadiansyah


Hidrogen yang sudah siap itu kemudian didistribusikan. Proses distribusinya memanfaatkan sebuah truk. Dari truk itu, hidrogen kemudian diisi ke forklift.

Proses pengisian hidrogen ke forklift hanya memakan waktu tiga menit. Saat diisi penuh, forklift itu bisa digunakan hingga delapan jam.

Melihat Fasilitas Pembuatan Gas Hidrogen di JepangFoto: Rangga Rahadiansyah


Saat ini, sudah ada 12 unit forklift sel bahan bakar yang menggunakan energi hidrogen. Forklift itu mulai dijual sejak November 2016 lalu. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed