Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 17 Oktober 2017, 10:33 WIB

Mau Tambah Berapa unit Minitrans dan Metrotrans, TransJakarta?

Ruly Kurniawan - detikOto
Mau Tambah Berapa unit Minitrans dan Metrotrans, TransJakarta? Kerennya Minitrans, Pengganti Metromini (Foto: Hasan Alhabshy)
Jakarta - Sebagai langkah awal mendewasakan transportasi umum di Jakarta, Pemprov DKI Jakarta lewat PT TransJakarta akan meluncurkan 100 Minitrans dan 300 Metrotrans. Angka bus umum tersebut akan hadir di Indonesia hingga pertengahan tahun 2018 nanti.

Bila dibandingkan dengan populasi di Ibu Kota, memang volume transportasi umum itu masih terbilang sedikit. Lantas berapakah pertambahan unit kedua bus baru pengganti Metromini tersebut ke depannya?



Ditemui detikOto di kantornya, Budi Kaliwono selaku Dirut PT TransJakarta mengatakan hal itu tergantung pada perkembangan dan permintaannya.

"Untuk awal, kita sediakan 300 Metrotrans dan 100 Minitrans. Untuk penambahan unit, itu tergantung permintaan nanti seperti apa. Kita tidak bisa memutuskan hal itu sendiri," kata Budi di Jakarta.



Namun dia berharap bahwa kehadiran dua armada baru dari TransJakarta itu mendapat respon positif dari masyarakat Jakarta.

Selain dari melihat perkembangan dan permintaannya, penambahan unit Minitrans dan Metrotrans juga dapat dilihat dari sifat masyarakat dalam menggunakan transportasi umum tersebut.



"Kita kan pakai sistem tap in. Nah di sini terlihat sifat masyarakatnya gimana. Seperti lebih sering berhenti di mana, jaraknya berapa, dan lain sebagainya," ujar Wibowo selaku Hubungan Masyarakat PT TransJakarta dalam kesempatan yang sama.

"Sehingga dari sana, kita bisa mengevaluasi dan menyarankan untuk menambah unit di rute tersebut dengan asumsi rute itu belum kita lewati dan banyak yang membutuhan," tambahnya. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed