Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 13 Oktober 2017, 10:09 WIB

Minus Logo Mobil, Harga Diecast Bisa Anjlok

Ruly Kurniawan - detikOto
Minus Logo Mobil, Harga Diecast Bisa Anjlok Ilustrasi koleksi diecast (Foto: Ruly Kurniawan)
Jakarta - Otolovers yang mempunyai atau ingin membeli mainan miniatur atau diecast mobil Mercedes-Benz harus hati-hati untuk membersihkan dan merawatnya. Salah-salah, harga diecast saat dijual kembali nanti bisa anjlok.

Tak hanya mobil aslinya, beberapa bagian pada mainan atau miniatur dari mobil Jerman tersebut terdapat bagian yang sangat rentan rusak dan mengurangi harga jualnya lho.

"Paling sering rusak, biasanya untuk yang koleksi Mercedes-Benz, harus ekstra hati-hati saat membersihkan bagian detailnya dari debu khususnya pada logo," ucap salah satu kolektor diecast, Dadan, kepada wartawan di Jakarta.



Dadan mengatakan lambang dari Mercedes-Benz dapat terjatuh atau copot hanya karena tersentuh kuku. Kalau sudah jatuh, karena logo tersebut berukuran kecil, resiko hilang sangat tinggi.

"Kalau bagian itu sudah lenyap, hilanglah harga diri Mercy. Harga jualnya melesat jauh. Misal dia beli Rp 2 juta, bisa-bisa dihargai hanya Rp 500 ribu saja," katanya lagi.

Berhubung kejadian tersebut sering ditemui, hal yang harus dilakukan ialah mematung sejenak untuk melihat ke mana sang lambang mendarat. Setelah itu barulah mengambilnya perlahan-lahan.



"Pada saat jatuh, semuanya harus diam. Kaki-kaki diam, tangan mematung, sembari kita perhatiin tuh jatuhnya ke mana. Setelah itu baru deh diambil perlahan-lahan. Jangan panik," ucap Dadan.

Selain bagian tersebut, saat melakukan pembersihan diecast, beberapa bagian harus diperhatikan juga ya, Otolovers. Seperti pada bagian pintu, spion, dan wiper. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +