Senin, 02 Okt 2017 13:36 WIB

MotoBus, Motor dan Pengendaranya Bisa Ikut Naik Bus

Mukhlis Dinillah - detikOto
Bus tingkat Mercy (Foto: Khairul Imam Ghozali) Bus tingkat Mercy (Foto: Khairul Imam Ghozali)
Bandung - Masih ingat saat mudik, motor-motor ikut mudik dengan disimpan di bagian belakang bus? Pasti merepotkan ya?



Kini ada sebuah perusahaan bus yang bisa mengangkut motor anda dengan nyaman. Layanan bernama MotoBus, hadir sebagai solusi transportasi darat yang terpadu. Kehadiran MotoBus bisa mempermudah mobilitas masyarakat berpergian bersama kendaraannya dengan nyaman.

MotoBus dioperasikan oleh PT Motobus Trans Nusantara, sebuah perusahaan otobus yang didirikan 2017. Sebenarnya ide MotoBus sudah muncul sejak 2012, namun baru terealisasi tahun ini.

"Kami ingin menghadirkan kenyamanan untuk masyarakat. Tujuan membuat konsep MotoBus ini melengkapi jenis transportasi di Indonesia dan mengurangi angka kecelakaan sepeda motor," kata Humas PT Motobus Trans Nusantara Wulandari saat dihubungi detikcom, Senin (2/10/2017).

MotoBus akan beroperasi mulai tanggal 27 Oktober, dengan menggunakan armada bus jenis tingkat (double decker) buatan Mercedes - Benz. Sementara waktu, MotoBus melayani trayek Jakarta - Bandung.

Sayang MotoBus belum memperlihatkan seperti apa bus mereka yang bisa menampung motor itu. Namun sebagai gambaran foto di bawah ini memperlihatkan bus double decker Mercy.


Ilustrasi (Bus double decker Mercy untuk Lorena)Ilustrasi (Bus double decker Mercy untuk Lorena) Foto: Khairul Imam Ghozali


"Sementara baru dua unit yang sudah ready. Tapi kami untuk tahap awal baru melayani trayek Jakarta - Bandung," ungkap dia.

Berbicara fasilitas, MotoBus terbilang lengkap. MotoBus memiliki 50 kursi penumpang di bagian atas yang dilengkapi sabuk pengaman. Tidak hanya itu, tersedia juga fasilitas WI-FI dan slot USB charger.

[Gambas:Youtube]



Sementara pada bagian bawah bus, ada ruang untuk 10 unit sepeda motor. Namun, ada beberapa ketentuan harus motor bebek di bawah kapasitas 150 cc dan lebar motor tak lebih dari 60 cm.

"Sepeda motor ada di bagian bawah terdiri dari kapasitas 10 unit dengan ketentuan motor bebek di bawah 150 cc dan lebarnya tidak boleh melebihi 60 cm serta memiliki standar tengah," ungkap dia.

"Konsep ini pertama di dunia, kami juga sudah punya hak patennya sejak 5 Desember 2016," menambahkan.

Dia mengaku pihaknya sudah mendapatkan izin operasional dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Sehingga, sambung dia, dalam waktu dekat pihaknya sudah bisa beroperasi.

"Kami sudah mendapat izin dari Kemenhub. Mereka tidak ada problem. Karena kita melengkapi transportasi massal yang sudah ada," ungkap Wulandari.

Rute dan Pemesanan Tiket

MotoBus akan beroperasi dari Jakarta pukul 05.00 WIB dan 14.00 WIB di Terminal Pulo Gebang dan pukul 09.00 WIB serta 19.00 WIB dari Bandung di Terminal Leuwi Panjang. Penumpang harus naik di tempat yang ditentukan.

Pemesanan tiket keberangkatan MotoBus bisa dilakukan secara online dengan mengunjungi website resmi mereka. Pembayaran tiket pemesanan dilakukan dengan transfer atau kartu kredit.

"Harga tiket penumpang saja Rp 119 ribu untuk dewasa, untuk anak-anak usia 0 - 12 tahun Rp 69 ribu. Sementara sepeda motor saja itu Rp 249 ribu, kalau penumpang plus sepeda motor lebih ekonomis kami terapkan paket Rp 228 ribu," kata dia.

"Kami menggunakan jalan tol nantinya. Agar perjalanan lebih cepat dan nyaman," ujar Wulandari. (ern/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com