Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 28 September 2017, 08:43 WIB

Jika Dibandingkan Negara-negara Ini, Indonesia Itu Tidak Macet

M Luthfi Andika - detikOto
Jika Dibandingkan Negara-negara Ini, Indonesia Itu Tidak Macet Jalanan Macet di Jakarta (ilustrasi) Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Kalau Otolovers merasa jalanan Jakarta sudah sesak dan kerap membuat kesal. Tapi Otolovers perlu ingat, bicara soal Indonesia itu tidak bicara soal Jakarta saja, artinya masih banyak jalanan lain dipelosok Indonesia yang lowong dan membutuhkan kendaraan.

Terlebih penjualan mobil di Indonesia hanya mencapai 1 jutaan unit saja setiap tahunnya. Sehingga Otolovers harus melihat negara lainnya yang bisa mencapai penjualan mobil hingga puluhan juta unit, yang artinya ada kota-kota di negara tersebut yang lebih banyak kendaraannya dibandingkan Jakarta.

Nah kali ini seperti dikutip dari situs resmi Hyundai, ada 10 negara yang memiliki jumlah penjualan mobil terbanyak di dunia dan menjadikan di salah satu kotanya sangat macet, yang dihimpun pada awal tahun 2017 kemarin.

10. Australia - 556 mobil per 1000 orang

Jauhnya jarak yang harus ditempuh dari satu kota ke kota lainnya, wajar rasanya jika negara benua ini menjadi salah satu negara dengan jumlah pengemudi terbanyak di dunia.

Dikatakan jumlah mobil di Australia terus meningkat hingga sekarang ini, total ada sekitar 15 juta lebih mobil yang terdaftar. Meningkat dari total 10.4 juta unit di tahun 2003. Padahal, penduduknya hanya berjumlah sekitar 23 juta jiwa.

9. Malta - 579 mobil per 1000 orang

Dengan luas hanya 316 kilometer persegi, Malta menjadi sebuah negara kepulauan kecil di selatan Eropa yang yang cukup padat dengan populasi kendaraan.

Bagaimana tidak, jumlah mobil yang terdaftar di sini mencapai 318.720 pada tahun 2009. Dengan kata lain, Malta memiliki 1000 mobil per kilometer persegi. Terbayang bagaimana macetnya jika semua penduduknya menggunakan mobil?

8. Selandia Baru - 599 mobil per 1000 orang

Jika Anda jalan-jalan ke Selandia Baru, kemungkinan besar Anda akan melakukannya dengan menggunakan mobil. Penduduk di sini menghabiskan rata-rata hampir 5 jam di belakang kemudi tiap minggunya. Negara ini sangat menyukai mobil, dari jumlah penduduk 4.4 juta jiwa, ada 3.4 juta mobil yang terdaftar di Selandia Baru pada 2012.

7. Italia - 602 mobil per 1000 orang

Tidak mengherankan ketika negara yang menjadi markas mobil-mobil legendaris seperti Ferrrari, Lamborghini dan Masserati ada di daftar ini. Bahkan provinsi Aosta Valley, menjadi daerah terbesar populasi mobilnya di Eropa dengan 1053 mobil per 1000 orang.

6. Puerto Rico - 621 kendaraan per 1000 orang

Negara di kepulauan Karibia ini adalah salah satu negara pecinta mobil di dunia. Buku panduan wisata Frommer, mendesripsikan pengendara motor lokal di sini sangat ugal-ugalan – yang ditunjukkan dengan banyaknya pagar yang rusak – dan mewanti-wanti akan padatnya jalan raya di sana.

5. Islandia - 644 mobil per 1000 orang

Dengan jumlah kendaraan yang terdaftar sebanyak 242.292 unit, dan jumlah penduduk yang hanya sekitar 320.000 orang, Islandia menempati posisi 5 di daftar ini.

Menurut penjelasan The Economist, hal ini disebabkan bentuk geografis negara ini. Seperti halnya Australia dan Selandia Baru, Islandia adalah negara makmur yang memiliki daerah-daerah yang hanya bisa dijangkau dengan mobil. Untung bagi ibu kotanya, Reykjavik, populasi mobilnya tidak terlalu padat.

4. Luxemburg - 665 mobil per 1000 orang

Negara ini secara konsisten terus naik peringkatnya di daftar ini untuk kepemilikan kendaraan bermotor. Tapi ada tanda-tanda hal ini akan berubah. Tahun 2013 adalah tahun terburuk untuk pendaftaran kendaraan dalam 10 tahun terakhir, yaitu menurun 7.5%.

3. Monaco - 732 mobil per 1000 orang

Negara yang terletak di pantai mediterrania Perancis ini juga berada di posisi teratas untuk kategori jumlah kendaraan per kilometer. Ada sekitar 574 kendaraan tiap kilometernya, atau 2 kali lipat dari Singapura, yang memiliki 223 kendaraan per kilometernya.

2. Liechtenstein - 750 mobil per 1000 orang

Untuk negara sekecil ini, Liechtenstein termasuk sangat menyukai mobil. Dengan luas hanya 160 kilometer persegi, ada 27.000 mobil yang terdaftar di negara dengan populasi 36.000 jiwa ini. Meski begitu, pengendara di negara ini juga terkenal sangat hati-hati, dimana angka kecelakaan mobil sangat rendah.

1. San Marino - 1139 mobil per 1000 orang

Negara sangat kecil ini mendapat peringkat pertama di daftar ini, dimana tiap orang memiliki lebih dari 1 mobil. Negara ini berbatasan langsung dengan Italia dari semua batas, mungkin pengaruh Italia cukup besar kepada penduduk di sini? (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +