Senin, 11 Sep 2017 14:11 WIB

Inikah Cara Penerapan Tilang Melalui CCTV?

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Istimewa
Jakarta - DKI Jakarta berencana untuk menerapkan sistem tilang bagi pelanggaran lalu lintas menggunakan CCTV. Langkah ini diambil untuk dapat membantu petugas kepolisian dalam mengawasi dan menindak langsung segala jenis pelanggaran yang ada di jalanan.

Memang sampai saat ini, mekanisme dalam penerapan tilang CCTV masih belum rampung. Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya, Halim Pagarra saat dihubungi oleh detikOto beberapa waktu lalu mengatakan bahwa metode ini masih dibicarakan dengan instansi terkait.

Lalu bagaimana kah kira-kira penerapan tilang CCTV di Jakarta nantinya? Menjawab hal tersebut, detikOto pagi ini (11/9/2017) menemukan satu video di media sosial milik Didi Ruswandi bagaimana penerapan tilang CCTV yang mulai dipergunakan di kota Bandung. Pada video tersebut, Dinas Perhubungan langsung menindak pelanggar lalu lintas di tempat lewat monitornya.



"Itu anak SMA yang memakai baju sekolah, drivernya memakai jaket hitam, silahkan turunkan temannya yang tidak pakai helm itu karena membahayakan dirinya dan orang lain," ucap salah satu petugas dalam video tersebut.

Dari layarnya, terlihat satu pengguna motor skutik yang sedang membawa temannya namun tidak memakai helm. Tanpa menunda, Dinas Perhubungan kota Bandung lewat monitornya, langsung memerintahkan si pengendara untuk menurunkan temannya tersebut dan melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi umum.

"Naik kendaraan umum aja kalau tidak memakai helm. Terima kasih," ucap petugas tersebut.

Meski peringatan tersebut membuat seluruh pengendara di lampu merah itu kebingungan. Dengan perasaan tidak yakin dan terlihat ragu-ragu, wanita remaja tersebut langsung turun dari motor dan mulai berjalan untuk mencari transportasi umum.

Lalu apakah mungkin penerapan tilang CCTV Jakarta akan seperti ini, nantinya?




(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com