Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 30 Agustus 2017, 09:12 WIB

Mercy Targetkan Jual 450 Truk Rakitan Indonesia

Ruly Kurniawan - detikOto
Mercy Targetkan Jual 450 Truk Rakitan Indonesia Foto: Grandyos Zafna.
Bogor - Truk Mercy yang kini dirakit di Indonesia, Mercedes-Benz Axor 2528C diklaim sebagai truk heavy duty yang sangat cocok untuk medan Indonesia. Mercy menargetkan bisa menjual 450 unit truk sampai akhir tahun.

"Target kita sebenarnya sangat fleksibel, karena kan ini masih tahap awal. Dari pertengahan tahun hingga akhir nanti kita targetkan 450 unit. Namun hal ini masih memungkinkan berubah sesuai dengan permintaan di pasar," ujar CEO Daimler Commercial Vehicles Indonesia Markus Villinger kepada wartawan di Wanaherang, Bogor, Selasa (29/8/2017).

Dirinya menambahkan, target utama dalam lokalisasi tersebut ialah membentuk truk yang berkualitas dan kuat di segala medan di Indonesia. Namun, Markus menambahkan, timnya belum menargetkan truk yang dirancang di Indonesia tersebut untuk melakukan ekspor ke berbagai negara di sekitarnya.

"Untuk ekspor, saat ini kita belum memiliki rencana. Karena pertama-tama kita ingin berfokus pada pasar Indonesia terlebih dahulu. Sesuai dengan perkembangan, akan kita lakukan ekspor," tutup Markus.

Mercedes-Benz Axor 2528C akan mengalami lokalisasi sebesar 30% yang terdiri dari pencetakan identitas pada sasis, pemasangan gearbox kemudi, pemasangan katup termasuk katup ABS, instalasi radiator, mesin, knalpot, roda dan grill. Meskipun sebagian perakitan sudah tidak dilakukan di tanah kelahirannya, prosesnya akan menyesuaikan dengan standar internasional Daimler AG. Mercy pun akan membuka lebar pintu mereka buat mitra lokal. Untuk tahun perdananya, Markus mengungkapkan bahwa Mercedes-Benz menargetkan untuk merangkul 1.000 partner lokal.

"Partner yang akan kita rangkul ialah yang sesuai dengan standar Daimler AG pusat kami di Jerman," ungkap Markus.

Model heavy duty truck pertama yang dirakit lokal adalah AXOR 2528C yang mengusung mesin 6 silinder dan basis roda 4,2 meter yang memungkinkan truk ini membawa muatan seberat 20 ton. Sedangkan model kedua yang juga akan mulai dirakit tahun ini adalah AXOR 2528R yang diperuntukkan bagi kebutuhan logistik. (ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Baru Beberapa Hari, Xpander Dicium Truk

    Baru Beberapa Hari, Xpander Dicium Truk

    Selasa, 21 Nov 2017 16:21 WIB
    Ketangguhan mobil buatan Bekasi, Mitsubishi Xpander langsung diuji oleh sebuah truk. Xpander yang baru beberapa hari umurnya, 'dicium' oleh truk Mitsubishi Fuso
  • Tesla Perlihatkan Mobil Tercepat Dunia

    Tesla Perlihatkan Mobil Tercepat Dunia

    Selasa, 21 Nov 2017 15:30 WIB
    Mobil listrik kian tak terkejar. Produsen mobil listrik asal Amerika, Tesla baru saja memperlihatkan mobil Roadster yang sangat ngebut.
  • Karimun Estillo Bergaya Rally Look

    Karimun Estillo Bergaya Rally Look

    Selasa, 21 Nov 2017 15:19 WIB
    Bingung mau memodifikasi mobil Suzuki Karimun Estilo? Hal ini sepertinya tidak berlaku untuk Ginanjar Utardi. Penasaran?
  • Peredam Kejut KYB Dominasi Pasar

    Peredam Kejut KYB Dominasi Pasar

    Selasa, 21 Nov 2017 14:43 WIB
    Tanpa peredam kejut, kendaraan pasti tidak enak dikendarai. Namun Otolovers tahu, mana yang paling banyak di pasaran merek peredam kejut?
  • Mobil Tanpa Sopir Masuk Anggaran Inggris

    Mobil Tanpa Sopir Masuk Anggaran Inggris

    Selasa, 21 Nov 2017 14:13 WIB
    Mobil tanpa sopir akan menjadi teknologi kendaraan canggih di masa depan. Bahkan, Inggris pun tak menampik kemungkinan bakal maraknya mobil itu di masa depan.
  • Toyota Avanza Frozen Show Off

    Toyota Avanza Frozen Show Off

    Selasa, 21 Nov 2017 13:37 WIB
    Ide untuk memodifikasi memang datang dari mana saja, salah satunya dari karakter film Frozen.
  • Ih Jorok, Mobil-mobil Dipenuhi Sampah

    Ih Jorok, Mobil-mobil Dipenuhi Sampah

    Selasa, 21 Nov 2017 13:36 WIB
    Mobil sering kali menjadi tempat penyimpanan barang bagi sebagian orang. Tapi ada kalanya barang yang disimpan menumpuk dan malah jadi sampah.