Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 21 Agustus 2017, 10:08 WIB

Ekspor Naik, Ini Mobil dan Motor Suzuki yang Laris di Luar Negeri

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Ekspor Naik, Ini Mobil dan Motor Suzuki yang Laris di Luar Negeri Foto: Dadan Kuswaraharja
Tangerang - PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) telah mencapai keuntungan dari ekspor sebesar Rp 5,5 triliun pada 2016. Pencapaian tersebut didapat dari ekspor kendaraan roda dua maupun roda empat. Lantas mobil dan motor apa yang paling laris diekspor oleh SIM?

Assistant to Section Head 4W Oversales & Marketing SIM, Domu Arisanto, mengatakan Karimun Wagon R mendominasi ekspor CKD, sedangkan produk CBU dipimpin oleh APV dan Ertiga.



"Berdasarkan produk, selama tahun 2017 Karimun Wagon R paling banyak diekspor dengan jumlah 13.200 unit dalam bentuk CKD. Menyusul APV 9.258 unit, dan Ertiga 5.828, dalam bentuk CBU yang paling banyak angka penjualan ekspornya," ujarnya kepada wartawan, di ICE, BSD City, Tangerang.

Sedangkan untuk ekspor motor, Suzuki Satria FU 150 menjadi primadona yang dikirim ke beberapa negara Asia dan Eropa.



"Paling besar ke Filipina dengan jumlah 62.460. Sampai saat ini Satria (FU150) adalah primadona dengan jumlah ekspor tertinggi sebanyak 36.600 unit. Jepang menempati posisi kedua dengan jumlah penjualan 11.198 unit Suzuki, disusul Thailand, Kamboja dan Eropa," tutur Assistant to Section Head 2W Oversales & Marketing SIM, Ahmad Fauzi di kesempatan yang sama.

Selain itu, suku cadang Suzuki juga ikut berkontribusi atas pencapaian ekspor SIM. "Roda dua ke-23 negara dan 91 negara untuk suku cadang roda empat. Jumlah ekspor suku cadang sepanjang tahun 2016 mencapai Rp 115 miliar, sedangkan untuk target ekspor tahun 2017 sebanyak Rp 131 miliar. Dari segi kontribusi, hingga pertengahan tahun 2017 rata-rata kontribusi ekspor suku cadang terhadap total penjualan suku cadang Suzuki mencapai 8%, tumbuh 2% dibanding tahun sebelumnya," ungkap Export Part Sales Coordinator SIM, Budi Cahyaningsih.

"Untuk 2017 kami targetkan ekspor kami mencapai Rp 6 triliun. Dari ekspor mobil, motor, dan juga suku cadang," tutup Dept Head Of Export SIM, Hady Surjono Halim. (khi/rgr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed