Rabu, 02 Agu 2017 17:32 WIB

Pertamina: Dex Kini Sudah Euro4

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Produksi perdana Pertamina Dex High Quality. (Foto dok: Pertamina Refinery Unit V) Produksi perdana Pertamina Dex High Quality. (Foto dok: Pertamina Refinery Unit V)
Jakarta - Pertamina sudah siap dengan bahan bakar berstandar Euro4. Pertamina sudah mulai memasarkan bahan bakar diesel, yakni Dex High Quality yang sudah memenuhi standar Euro4.

PertaDex HQ merupakan bahan bakar diesel berkualitas tinggi, dengan Cetane Number minimal 53 membuat start mesin lebih mudah, pembakaran lebih cepat, kompresi tingi dengan tarikan lebih ringan, dan suara mesin lebih halus.

PertaDex HQ memiliki kandungan pengotor Sulfur maksimum 50 ppm membuat emisi lebih bersih dan ramah lingkungan yang berarti sudah memenuhi standar kandungan sulfur Euro4. Angka ini sudah berkurang 90 persen dibanding kandungan sulfur Pertadex lama yang mencapai 500 ppm

"Kalau sulfur sudah 50 ppm berarti sudah memenuhi standar Euro4," ujar Area Manager Communication & Relations Kalimantan Alicia Irzanova kepada detikOto.

PertaDex HQ menurut dia cocok digunakan kendaraan yang memiliki teknologi Diesel Common Rail System seperti Toyota Innova, Fortuner, Hilux, Mitsubishi Pajero Sport, Triton, Ford Ranger, Chevrolet Captiva, BMW Diesel, dan lain-lain. Common-rail injection adalah salah satu metode injeksi bahan bakar ke dalam ruang bakar dengan sistem penghasil tekanan ditempatkan terpisah dari injeksi itu sendiri. Sistem injeksi ini digunakan untuk efisiensi bahan bakar dan pengurangan emisi yang lebih baik.

Alicia menambahkan, PertaDex HQ yang dihasilkan Pertamina Refinery Unit V di Balikpapan akan disuplai untuk kawasan Indonesia Timur. Sementara untuk kawasan lain seperti Jawa menurut Alicia akan disuplai dari kilang Balongan.

Untuk soal harga, masih sama namun tetap akan fluktuatif menyesuaikan harga minyak dunia. "Di SPBU tetap memakai dispenser dari PertaDex," ujarnya.

PertaDex HQ merupakan pengembangan dari produk PertaDex dengan melakukan mapping kualitas fraksi Diesel pada finish dan stream produknya lalu dilanjutkan uji coba blending komponen skala Laboratorium serta uji produksi.

Uji produksi atau plant test skala lapangan dilakukan pada bulan Juni 2017 di Unit Hydrocracker dan CDU V. Produksi skala komersil telah dimulai pada bulan Juli 2017.

Penyaluran produk Pertadex dilakukan melalui sarana & fasilitas perpipaan ke Terminal BBM Balikpapan dan melalui Kapal untuk Terminal-terminal BBM lainnya.

Kalangan pabrikan pun menyambut baik kehadiran PertaDex berkualitas Euro4 ini, karena kedatangannya sudah lama dinanti. "Kehadiran Pertamina Dex HQ menjadi opsi yang lebih menarik untuk pengguna Mitsubishi yang berbahan bakar diesel, karena dengan bahan bakar ini, maka performa engine Mitsubishi yang sesungguhnya akan makin optimum, pembakaran di engine lebih sempurna dan tentunya akan berimbas konsumsi BBM yang lebih hemat," ujar Head of Public Relations Department PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Intan Vidiasari dalam kesempatan berbeda. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com