Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 26 Juli 2017, 14:10 WIB

Bajaj Qute Pengganti Bemo Gagal Tes Tabrak

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Bajaj Qute Pengganti Bemo Gagal Tes Tabrak Bajaj Qute Foto: Euro NCAP/Youtube
Jakarta - Bemo di Jakarta kini mengalami peremajaan. Bemo kini digantikan oleh kendaraan roda empat, Bajaj Qute. Bajaj Qute masuk ke kategori kendaraan Quadricycle. Kendaraan ini berasal dari pabrikan India, Bajaj Auto.

Bajaj Qute Pengganti Bemo Gagal Tes TabrakBajaj Qute Foto: Euro NCAP/Youtube


European New Car Assessment Programme (Euro NCAP) sebuah program pengujian keamanan kendaraan di Eropa sempat menguji Bajaj Qute dalam tes tabrak pada 2016 lalu. Sayangnya, kendaaraan pengganti Bajaj ini cuma dapat 1 bintang pada tes tabrak di Eropa.

Seperti diketahui, negara-negara di Eropa sangat ketat dalam hal pengujian keamanan kendaraan. Pengujian Bajaj Qute di Eropa dilakukan dengan uji tabrak depan dan samping pada kecepatan 50 km/jam. Namun Euro NCAP menilai, kendaraan ini memiliki risiko serius yang mengancam nyawa.

Bajaj Qute Pengganti Bemo Gagal Tes TabrakBajaj Qute Foto: Euro NCAP/Youtube


Euro NCAP menilai, struktur Bajaj Qute tidak stabil dalam uji tabrak depan (frontal). Banyak bagian kendaraan yang lepas dan deformasi struktur kendaraan menunjukkan bahwa Bajaj Qute tidak dapat bertahan dalam tingkat muatan yang lebih tinggi.

Saat benturan samping, pintu di samping yang tertabrak terlepas dari pilar A. Pintu itu terlepas dari engselnya ketika dites tabrakan samping.

Pada saat pengujian tabrakan frontal, kepala dummy pengujian terlibat kontak dengan bagian tengah kemudi. Tidak ada airbag yang bisa melindungi pengemudi dari kontak kepala pengemudi dan setir.

Dari hasil pembacaan dummy juga, cedera fatal akibat kontak ini memiliki probabilitas tinggi. Demikian pula pembacaan dummy yang menilai perlindungan terhadap dada buruk.

(rgr/lth)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed