Minggu, 16 Jul 2017 07:07 WIB

Histori

Ini Dia Mobil Penumpang Jepang yang Pertama

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Dadan Kuswaraharja Foto: Dadan Kuswaraharja
Okazaki -

Bukan Toyota, Honda, Suzuki atau Daihatsu, tapi Mitsubishi lah yang pertama kali punya mobil yang dijual untuk masyarakat Jepang.

Mitsubishi memiliki pabrik yang terletak di Okazaki, Aichi, Jepang. Di sekitar pabrik ada Mitsubishi Auto Gallery yang berisikan kendaraan di masa-masa awal Mitsubishi. Nah di situlah kita bisa melihat sekilas sejarah permobilan Mitsubishi.

Mobil merupakan salah satu inti bisnis Mitsubishi, selain mobil, si tiga berlian memiliki industri lain yang sangat besar dan beragam, mulai dari kapal, pesawat sampai roket. Lini bisnis seperti makanan dan fashion pun Mitsubishi memilikinya.

Sejarah Mitsubishi sebenarnya dimulai tahun 1870an tapi mereka baru membuat mobil sungguhan di tahun 1917, jadi tahun 2017 ini Mitsubishi Motors Corporations sudah berumur 100 tahun.

Jadi apa mobil pertama yang dibuat Mitsubishi? Mobil itu yakni Model A.

Mobil ini terinspirasi dari mobil Eropa di zaman itu. Mobil tercatat sebagai mobil penumpang Jepang pertama yang diproduksi massal. Memiliki mesin yang berkapasitas 2.800 cc dengan panjang 3,8 meter itu hanya diproduksi sebanyak 30 unit berikut prototipenya.

Yang dipamerkan di Museum ini ternyata bukan model aslinya, tapi replika yang berukuran 7:10. Replika dalam wujud aslinya tengah dipinjam.

Tahun ini seiring perayaan 100 tahun Mitsubishi, bengkel modifikasi terkenal dari Amerika, West Coast Customs akan menghidupkan lagi Mitsubishi Model A.

Mobil akan dibangun dari platform Mitsubishi paling canggih saat ini yakni platform yang biasa memproduksi Outlander Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Meski modelnya jadul, mobil akan memiliki fitur-fitur terkini.

Selain Model A di sudut lain Mitsubishi Auto Gallery kita juga bisa meihat mobil sport Galant yang menjuarai berbagai lomba atau juga mobil reli Pajero yang juga pernah menjuarai reli.

Aneka trofi yang diperoleh Mitsubishi dari berbagai lomba balapan seperti Paris Dakar juga dipamerkan di Mitsubishi Gallery.



(ddn/khi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed