Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 09 Juni 2017, 10:58 WIB

#nodrivingunder17

Anak 15 Tahun yang Nyetir Angkot Bikin Rifat Sungkar Prihatin

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Anak 15 Tahun yang Nyetir Angkot Bikin Rifat Sungkar Prihatin Foto: 20detik
Jakarta -

Daftar insiden anak-anak di bawah umur yang menyetir kendaraan kian bertambah. Baru-baru ini di Bandung ada anak berumur 15 tahun yang sudah menyetir angkot. Faktor ekonomi mungkin menjadi salah satu pendorong si anak sudah nyetir.

"Saya gak setuju anak nyetir di umur segitu," ujar pereli Rifat Sungkar.

Ilham Iskandar Feriansyah, berumur 15 tahun nekat mengemudikan angkot Jurusan Ciparay-Tegalega Bandung. Ilham nekat mengemudikan angkot, membawa penumpang dan belum memiliki SIM. Selain itu, Ilham juga berupaya mengelabui petugas yang tengah melakukan razia dengan menggunakan kaca mobil yang dilapisi kaca film berwarna gelap.

Rifat mengatakan, dalam hal ini segi psikologis si pengendara yang dipermasalahkan terkait larangan tersebut. Anak 15 tahun secara psikologi belum siap 'terjun' di jalanan untuk berkendara sendiri. "Anak 15 tahun bisa bikin keputusan, tapi yang terbaik atau bukan, apalagi umur 13, 12. Itu kan psikologis, jadi dibutuhkan psikologis anak ini, untuk ready berkendara di jalanan," ujarnya kepada detikOto.

Rifat SungkarRifat Sungkar Foto: Khairul Imam Ghozali


Karena menurutnya, berkendara di jalan itu keras, tidak bisa dengan pasti memprediksi apa yang akan terjadi nanti. "Bukan hanya seberapa hebat dia bisa ngebut, itu nomor dua lah, bonus yang penting dia bisa melakukan yang terbaik untuk dia, dan orang lain," kata Rifat.

Jadi Otolovers yang belum 17 tahun, atau yang punya anak belum 17 tahun, jangan berkendara di jalanan ya.

"Tidak ada pendewasaan yang lebih baik, di luar, orang itu sudah punya umur yang lebih, belajar sama umur. 17 tahun itu sudah umur dewasa, kalau orang sudah dewasa itu, sudah dianggap sudah bisa mengambil kebijakan yang dewasa, karena sesuai dengan ranahnya," pungkas Rifat.

Salam #nodrivingunder17 (khi/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed