Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 07 Juni 2017, 14:59 WIB

Masyarakat Mulai Enggan Mudik dengan Bus

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Masyarakat Mulai Enggan Mudik dengan Bus Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta -

Mudik menjadi salah satu fenomena tersendiri di Indonesia. Transportasi darat, laut, maupun udara akan dipenuhi oleh masyarakat yang hendak pulang ke kampung halaman. Namun untuk transportasi angkut darat seperti bus, justru merosot.

Managing Director Lorena Transport. Tbk, Dwi Ryanta Soerbakti mengatakan, menurunnya pemudik menggunakan bus terjadi dari tahun ke tahun.

"Kisaran 10 persen dari tahun ke tahun mengalami penurunan. Karena apa? Pertama,, bus bantuan aja lama-lama naik, belum lagi kemacetan kaya di Brexit waktu itu kan," ujarnya kepada wartawan, di Ciputat, Tangerang.

Bukan hanya Lorena, Dwi mengatakan hal tersebut terjadi secara umum pada transportasi angkut darat. Karena kata dia, makin kesini, pesaing transportasi angkut darat adalah pesawat dan kereta api.

"Oleh karena itu diawal kita katakan, kita berinvestasi dengan besar. Tapi tentu saja kita mencari daerah yang berpotensi besar, contohnya Madura. Kita kan enggak bersaing dengan pesawat dan kereta," tuturnya.

Kata Dwi, dengan adanya beberapa kendala yang membuat masyarakat mengurunkan niatnya untuk mudik dengan bus, konsep transportasi angkut darat ini harus diubah, salah satunya dengan menambahkan kenyamanan yang tinggi.

"Saya selalu katakan, dari mass transportation menjadi butik transportation, yaitu personalize dan high end, jadi kalau massal biasa sudah pasti kalah," pungkasnya.

(khi/lth)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed