Ban Tanpa Udara Mendekati Kenyataan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Minggu, 28 Mei 2017 13:16 WIB
Foto: Bridgestone
Tokyo - Pabrikan ban asal Jepang, Bridgestone beberapa waktu lalu telah memamerkan konsep ban tanpa udara. Terakhir, Bridgestone memamerkan konsep ban tanpa udara bernama Air Free Concept generasi kedua di Geneva Motor Show 2015.

Kini, seperti diberitakan Asphalt and Rubber, Minggu (28/5/2017), ban tanpa udara itu sudah mendekati kenyataan. Kabarnya, Bridgestone akan memproduksi ban tanpa udara itu pada 2019 mendatang.

Tapi, pada 2019 nanti, Bridgestone baru membuat ban tanpa udara untuk sepeda. Bridgestone tampaknya ingin mencoba lebih dahulu di sepeda sebelum ban tanpa udara itu digunakan di kendaraan bermotor.

Ban Tanpa Udara Mendekati KenyataanFoto: Bridgestone


Ban non-pneumatik ini memiliki keuntungan tak perlu perawatan (tidak perlu periksa tekanan angin ban). Dan ban ini juga antibocor alias kebal terhadap tusukan benda tajam.

Konsep ban tanpa udara ini memiliki struktur yang unik dengan jari-jari yang membentang sepanjang sisi dalam ban. Struktur tersebut mampu menahan beban kendaraan tanpa perlu mengisinya dengan udara.

Struktur palang ban terbuat dari resin termoplastik dan seluruh material di ban bisa didaur ulang. Bridgestone pun mengklaim ban tanpa udara mereka bisa berkontribusi dalam mengurangi emisi karbon dioksida. (rgr/ddn)