Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 19 Mei 2017, 13:34 WIB

Truk Sampah Ini Dibekali Teknologi Otonom

Dina Rayanti - detikOto
Truk Sampah Ini Dibekali Teknologi Otonom Foto: Volvo
Gothenburg - Teknologi otonom tak hanya bisa disematkan di mobil-mobil kecil. Kendaraan berukuran besar seperti truk pun sedang diuji coba dengan teknologi otonom. Uji coba itu dilakukan oleh pabrikan asal Swedia, Volvo.

Volvo mendesain sebuah truk yang berfungsi untuk mengangkut sampah. Pabrikan itu bekerja sama dengan perusahaan pengelolaan limbah, Renova. Volvo mengatakan pengembangan tersebut dilakukan agar sopir truk bisa bekerja lebih baik lagi.

Cara kerjanya, truk pertamanya dikendarai oleh sopir manusia ke beberapa rute yang akan dituju. Sistem pada truk kemudian mengumpulkan informasi dan rute itu lewat sebuah sensor. Sehingga nantinya si sopir tinggal memilih saja dan truk tahu ke mana harus berjalan.

Truk juga bisa mundur dengan otomatis lewat perintah suara dikombinasikan dengan GPS, dan sistem LiDAR.

"Sopirnya tak perlu repot-repot untuk naik dan turun truk setiap ingin berjalan atau berhenti. Karena itu juga bisa menyebabkan cedera lutut atau bahkan cedera lain," ucap Volvo seperti dilansir Drivespark, Jumat (19/5/2017).

Kemudi setir, transmisi, dan kecepatan truk semuanya sudah otomatis. Saat ini truk sampah otonom masih dalam tahap uji coba hingga akhir tahun baru kemudian dilakukan evaluasi.

(dry/rgr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed