Inggris Mulai Uji Jalan Raya Berbahan Dasar Plastik Bekas

Alfiza Satrio - detikOto
Kamis, 04 Mei 2017 09:29 WIB
Foto: MSN
Cumbria Country - Demi meminimalisir penggunaan material, banyak negara kini mengembangkan jalan raya dengan menggunakan bahan dasar dari plastik daur ulang. Tak hanya efektif dari segi penggunaan material, jalan raya dari plastik bekas ini juga disebut-sebut lebih tahan lama dibandingakan jalan raya aspal yang ada saat ini. Karena itulah penggunaan material ini mulai diuji di jalanan Inggris, tepatnya di kawasan Cumbria County.

Seperti dilansir MSN, material plastik daur ulang untuk jalan raya ini dirancang oleh perusahaan asal Skotlandia MacRebur. MacRebur menyebut material ini dengan nama MR6. Untuk membangun jalan yang lebih kuat, MR6 nantinya juga akan dicampur dengan bahan-bahan pembuat jalan raya lainnya.

Pada umumnya, pembuatan jalan raya biasanya menggunakan 90 persen campuran antara batu, pasir dan gamping ditambah 10 persen material bernama bitumen yang berbahan dasar minyak. Bitumen inilah yang nantiakan akan digantikan oleh MR6 rancangan MacRebur.

Pihak MacRebur mengungkapkan bahwa MR6 dibuat dari campuran material daur ulang plastik bekas yang dicampur dengan aspal untuk memberikan ketahanan yang lebih lama. Mereka juga menyatakan bahwa jalan dengan MR6 lebih tidak mudah retak dibandingkan jalan biasanya. Selain ini, jalan berbahan dasar plastik ini akan membuat ban lebih tahan lama yang kemudian akan meningkatkan efisiensi kendaraan. (dry/ddn)