Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 16 April 2017, 16:10 WIB

Robot Toyota Akan Bantu Lansia Lumpuh untuk Berjalan Kembali

Alfiza Satrio - detikOto
Robot Toyota Akan Bantu Lansia Lumpuh untuk Berjalan Kembali Foto: REUTERS/Toru Hanai
Tokyo -

Pabrikan mobil asal Jepang, Toyota Motor Corp, dikabarkan akan segera memasarkan robot rehabilitasi yang mereka kembangkan untuk membantu para lansia untuk bisa bergerak dan berjalan lebih leluasa.

Robot ini kabarnya telah dikembangkan dalam sepuluh tahun terakhir dan Toyota menyatakan akan meluncurkannya secara resmi pada akhir tahun 2017 ini. Sebelumnya, pada 2015 lalu, pabrikan asal Jepang lainnya, Honda, juga sudah meluncurkan produk serupa.

Dilansir Reuters, Toyota akan menyewakan sistem ini ke rumah sakit-rumah sakit dan pelayanan kesehatan dengan mematok harga sekitar Rp 42 juta per bulannya dengan biaya DP sebesar Rp 120 jutaan. Alat ini memang begitu bermanfaat bagi para lansia yang mengalami kelumpuhan pada anggota tubuhnya.

"Sistem ini akan membantu para lansia untuk hidup lebih lama dan secara tidak langsung membantu orang-orang yang sedang merawat mereka," begitu pernyataan yang dikemukakan Toyota.

Memang populasi lansia di Jepang terbilang cukup tinggi dibandingkan negara lain. Di Jepang, penduduk berusia 65 tahun ke atas menyumbang 26,7% dari total penduduk di Negeri Matahari Terbit tersebut. Jumlah ini jauh di atas rata-rata lansia di dunia yang hanya berada di angka 8,5% dari total populasi.

Sistem seperti ini memang sedang banyak dikembangkan oleh para pabrikan seperti Honda dan Toyota yang juga telah mengembangkan mobil otonom dan menyasar para lansia sebagai salah satu target pasar mereka. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed