Rabu, 05 Apr 2017 09:26 WIB

Pertamini Jadi Bahan Evaluasi untuk Pertamina

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Foto: Yakub Mulyono
Jakarta - Saat ini Pertamina punya kembaran yang menjamur diberbagai wilayah di Indonesia, yaitu Pertamini. Pertamini sendiri merupakan merek bagai para pelaku usaha bahan bakar eceran.

Pertamina sendiri tidak terlalu serius menanggapi kembarannya tersebut. Namun meski demikian, soal Pertamini akan dijadikan bahan evaluasi, dan tantangan oleh Pertamina.

"Kalau dari sisi bisnis, kalau secara nature sudah ada pasarnya, itu juga jadi evaluasi. Kan banyak SPBU yang tutup jam 7, itu niche market yang jadi peluang dimana tidak ada SPBU disana, apalagi modalnya kecil. Mereka berpeluang menyediakan bahan bakar non subsidi. Itu tantangan bagi kita," ujar vice President Retail Marketing Pertamina, Afandi, kepada wartawan, di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta Pusat.

Afandi juga mengakui bahwa penyalur BBM eceran seperti Pertamini sudah ada sejak dahulu, namun diluar standar badan usaha formal. Dan menurutnya juga penjualan BBM seperti itu cukup laku di berbagai wilayah di Indonesia.

"Secara natural di Indonesia itu memang penjualan bahan bakar seperti itu laku. Di Jakarta, apalagi di kalimantan, itu sudah ada. Tapi pertanyaannya apakah itu yang dijual subsidi, ataukah bahan bakar khusus yang sudah tidak disubsidi. Itu isunya. Kalau BBM subsidi, dia diatur oleh badan, diaudit," tuturnya.

Lebih lanjut Afandi menjelaskan, Pertamini tidak ada kaitannya dengan Pertamina ataupun perusahaan yang berkaitan dengan Pertamina.

"Pertamini secara resmi tidak berafiliasi dengan pertamina ataupun anak perusahaannya. Bagaimana posisinya pertamina? Tanya dulu dia jual apa. Kalau jual bahan bakar subsidi, itu concern kita untuk mendalami karena badan usaha yang ditunjukkan Pertamina. Sehingga kami pun harus melakukan perbaikan, ada kebocorannya dimana," tegasnya. (khi/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com