Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 20 Maret 2017, 07:58 WIB

Shell Eco-marathon

Podium Kedua dan Ketiga, Mahasiswa Indonesia Berangkat ke London

Zaenal Effendi - detikOto
Podium Kedua dan Ketiga, Mahasiswa Indonesia Berangkat ke London Foto: Shell
Singapura - 2 Tim mahasiswa Indonesia kembali berjaya dan berhak berangkat ke London mengikuti kejuaraan SEM dunia setelah keduanya menjadi runner up dan posisi ketiga di Drivers' World Champion (DWC) di ajang Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2017 yang digelar di Changi Exhibition Center Singapura.

Kedua tim itu yakni, Tim Samudera IV Universitas 11 Maret Surakarta dan Tim Sapuangin Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) Surabaya. Sedangkan juara pertama diraih Tim Flux dari De La Salle Filipina.

Posisi kedua bagi Tim Samudera IV sangat tidak dinyana oleh tim. "Tidak menyangka, karena kami hanya sebagai underdog," kata dosen pendamping tim Samudera, Dr Budi Santoso usai lomba DWC SEM Asia 2017, seperti dilaporkan reporter detikOto Zaenal Effendi dari Singapura, Minggu (19/3/2017).

Podium Kedua dan Ketiga, Mahasiswa Indonesia Berangkat ke LondonFoto: Zaenal Effendi


Sementara tim Indonesia yang sebelumnya diunggulkan dan berjaya di kategori UrbanConcept berguguran karena tidak lolos dua tes, yakni tes rem dan keiritan yang dilakukan sebelum balapan digelar.

Salah satu tim unggulan Indonesia yang tidak lolos yakni Tim Sadewa Universitas Indonesia yang gagal ikut DWC karena tidak lolos tes rem yang otomatis tidak bisa melanjutkan tes berikutnya. "Saat tes, mobil berjalan satu lap lalu berhenti dengan kecepatan 50 km/jam dan tidak boleh lebih dari 20 meter," kata manager Tim Sadewa Jefri Alfonso Sigalingging.

Kedua tim yang berangkat ke London akan mempersiapkan diri untuk berhadapan dengan tiga tim terbaik lain dari Amerika dan Eropa untuk memenangkan Grand Final dan meraih pengalaman seumur hidup di markas Scuderia Ferrari.

(ze/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed