Di Ohio, Pengendara Bisa Menerobos Lampu Merah

Dina Rayanti - detikOto
Senin, 30 Jan 2017 08:18 WIB
Ilustrasi Foto: Audi
Reynoldsburg, Ohio - Negara bagian Ohio di Amerika Serikat sebentar lagi bakal menerapkan aturan lalu lintas yang tak biasa. Aturan tersebut adalah memperbolehkan kendaraan terus berjalan pada saat lampu lintas berwarna merah menyala.

Peraturan tersebut baru berlaku pada bulan Maret mendatang. Intinya pengendara bisa melintasi lampu merah jika mereka meyakini lampu lalu lintas tidak berfungsi atau sensornya mengalami kerusakan.

Jelas seperti dilansir 10tv.com, aturan ini menimbulkan kekhawatiran. Di jalanan saat ini sudah dipenuhi oleh pengendara ugal-ugalan. Aturan ini malah diprediksi akan menambah jumlah pengendara yang tidak mematuhi aturan lalu lintas.

Instruktur berkendara, Charlie Allen mengatakan bakal semakin banyak pengendara ugal-ugalan dengan aturan baru yang diterapkan ini.

"Saya telah melihat beberapa pengendara yang melewati lampu merah dimana seharusnya berhenti. Saya tidak tahu apakah keputusan itu cukup bijak, orang-orang terburu-buru entah pergi kemana," kata Charlie.

"Keselamatan anda ditanggung oleh anda sendiri, jika anda berpikir bisa melewati perempatan jalan dan tidak mengalami kecelakaan," tambah petugas kepolisian setempat, James Triplett.

Menurut aturan itu, pengendara harus berhenti di stop bar saat berada di persimpangan. Jika tidak ada garis putih, mereka harus ekstra hati-hati. Hal ini bisa memicu pengendara yang tidak sabaran untuk menerobos lalu lintas.

"Pastinya ini menimbulkan kekhawatiran. Jika anda membiarkan kendaraan lain melintas dan pada saat yang bersamaan ada kendaraan yang melintas juga potensi kecelakaan sangat signifikan," Sersan Mark Mosser kepolisian Reynoldsburg. (dry/ddn)