Sabtu, 14 Jan 2017 07:11 WIB

30 Persen SIM di Negara Ini Palsu

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Rengga Sancaya
New Delhi - Menteri Transportasi India, Nitin Gadkari mengumumkan suatu hal yang cukup mengejutkan. Ia menyebut sekitar 30 persen Surat Izin Mengemudi (SIM) di India palsu.

Dilansir drivespark, Sabtu (14/1/2017), dalam suatu kesempatan, Gadkari mengaku jumlah SIM palsu tersebut membuatnya malu.

"30 persen lisensi mengemudi di India palsu. Itu membuat saya malu untuk menyampaikan ini sebagai Menteri," kata Gadkari.

Ia mengatakan pemerintah harus lebih aktif lagi menindak pelanggar lalu lintas dengan mengubah Undang-undang yang menurut Gadkari sudah ketinggalan jaman.

Amandemen hukum memungkinkan pemerintah melakukan tindakan tegas agar aturan dipatuhi. Perubahan yang diusulkan fokus pada keamanan di jalan bersamaan dengan pengurusan SIM yang lebih ketat dan penalti untuk para pelanggar hukum.

Gadkari juga menyatakan pemerintah bakal membangun sistem yang lebih modern dan terkomputerisasi sehingga masyarakat akan secara otomatis diinformasikan soal pelanggarannya dan denda yang harus dibayar secara digital. Sistem tersebut diharapkan bisa mengurangi korupsi di India. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com