Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 13 Dec 2016, 10:12 WIB

Pete-pete Smart, Angkot Canggih dari Makassar

Muhammad Nur Abdurrahman - detikOto
Pete-pete Smart, Angkot Canggih dari Makassar Foto: Muhammad Nur Abdurrahman
Makassar - Agar orang mau menggunakan transportasi umum, harus ada mobil atau transportasi yang canggih. Hal ini coba yang dilakukan di Makassar.

Wali Kota Makassar Ramdhan Pomanto meluncurkan prototipe mobil angkutan kota Smart (di Makassar disebut Pete-pete), di anjungan Pantai Losari, Senin (12/12/2016) kemarin.

Mobil Pete-pete Smart ini dilengkapi Wi-fi, televisi dan penyejuk udara, dengan kapasitas 12 penumpang duduk, 4 berdiri dan 1 untuk kursi roda.

Menurut Wali Kota yang akrab disapa Danny ini, Pete-pete smart ini dipersiapkan untuk peremajaan angkot/pete-pete yang beroperasi saat ini.

"Pete-pete Smart ini berteknologi canggih, lampunya bertenaga matahari, mesinnya 1.300 cc, penumpangnya bisa sambil kerja di atas Pete-pete, biayanya lebih murah, aman dan nyaman dibandingkan orang naik motor, tiketnya kita perkirakan Rp 10.000 dengan konsep 1 tiket untuk satu hari dan semua jalur," ujar Danny.

Danny menyebutkan, saat ini Pete-pete Smart masih dalam tataran konsep yang sedang diuji coba terus-menerus, sebelum diberlakukan tahun depan.

"Tahun depan kita akan siapkan 10 unit, ini merupakan bagian dari peremajaan Pete-pete yang ada saat ini, nantinya kita harapkan semua pemilik angkot dan anggota Organda di Makassar mengganti armadanya dengan Pete-pete smart," tambah Danny.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar Mario Said menyebutkan tahun depan pihaknya akan meluncurkan 10 unit Pete-pete Smart dengan anggara APBD Makassar untuk proses uji coba jalur.

"Tahun depan masih tahap sosialisasi, perkenalan ke masyarakat transportasi dan masyarakat umum, belum dioperasionalkan," pungkas Mario.

Prosesi peluncuran prototype Pete-pete Smart ini dilakukan Danny dengan berkeliling kota dan finish di Anjungan Pantai Losari. Saat tiba di Pantai Losari, sempat terjadi insiden kepulan asap putih dari bagian radiator. Namun aksi ini tidak mengganggu prosesi peluncuran prototype Pete-pete smart ini.

(mna/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed