Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 06 Desember 2016, 17:56 WIB

Menhub: Anak di Bawah Umur Jangan Diberi Kesempatan Nyetir Motor

Dina Rayanti - detikOto
Menhub: Anak di Bawah Umur Jangan Diberi Kesempatan Nyetir Motor Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Makin maraknya anak berusia di bawah 17 tahun membuat miris banyak kalangan. Tak terkecuali Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Ia mengimbau agar para pemangku kepentingan melarang anak-anak berusia di bawah 17 tahun mengendarai mobil atau motor.

"Kami dari Kementerian Perhubungan mengimbau kepada para pengelola kota, para stakeholder yang membidangi kegiatan lalu lintas, mengkampanyekan agar adik-adik kita yang masih di bawah umur sebaiknya tidak diberi kesempatan untuk mengendarai sepeda motor," ungkap Budi pada kesempatan Indonesia Road Safety Award 2016, di JW Marriot Hotel, Kuningan, Jakarta, Selasa (6/12/2016).

Hal tersebut kata Budi didasarkan pada angka kecelakaan lalu lintas yang meningkat di kalangan usia tersebut. "Karena menurut statistik justru mereka yang paling banyak mengalami kecelakaan tersebut," tutur Budi.

Belum lama ini bahkan ada petisi yang meminta agar orangtua yang mengizinkan anaknya berkendara bisa dipenjara. Petisi tersebut digagas oleh Saleha Juliandi.

Dalam petisi itu, Saleha juga menampilkan foto wanita korban kecelakaan. Wanita itu disebutkan ditabrak motor yang dikendarai anak berusia tanggung. Anak itu mengendarai motor berkecepatan tinggi tanpa helm dan SIM.

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +