Lampu Jalan di Los Angeles Bisa Beri Tahu Kecelakaan

Dina Rayanti - detikOto
Rabu, 23 Nov 2016 09:34 WIB
Foto: Istimewa
Los Angeles - Tak diragukan lagi Amerika Serikat sangat maju dalam mengembangkan teknologi. Yang terbaru, lampu penerangan jalan akan dilengkapi dengan mikrofon untuk mendeteksi kecelakaan dan memberi tahu otoritas setempat.

Dilansir Motor1, Rabu (23/11/2016) dari siaran resminya, hal tersebut dilakukan agar ambulans lebih cepat datang. Setiap detik kecelakaan terekam di perangkat tersebut sehingga cedera bisa dikurangi dan penanganan lebih cepat dilakukan.

Los Angeles (LA) yang baru saja menggelar pameran otomotifnya, merupakan salah satu kota terpintar di dunia dan kini otoritas setempat selangkah lebih maju untuk meningkatkan keamanan masyarakatnya dengan menyediakan pelayanan cepat satu jam.

Kerja sama tersebut dilakukan dengan produsen lampu terkemuka Philips, beberapa tiang lampu di LA dilengkapi dengan mikrofon yang mampu memonitor suara di beberapa tempat di kota tersebut sehingga bisa mendengar seluruh lalu lintas yang nantinya bisa dibaca secara cepat.

Sekitar 200.000 unit lampu jalanan yang terpasang di LA menjadikannya jaringan terbesar lampu jalan di dunia dan data yang diperoleh di masa percobaan akan meningkatkan penerangan jalan.

Langkah tersebut dilakukan setelah otoritas setempat di sana meluncurkan program yang mengimplementasikan lampu penerangan yang pintar dinamakan City Touch. Sistem mengkombinasikan jaringan ponsel lokal dengan teknologi cloud untuk mengoptimalkan lampu jalan di waktu yang sama bisa memonitor penggunaan energi dan juga polusi suara. (dry/rgr)