Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 16 September 2016, 08:30 WIB

Angkutan Umum

Banyak Ojek, Bajaj Bakal Dihapus dari Jakarta?

Dina Rayanti - detikOto
Banyak Ojek, Bajaj Bakal Dihapus dari Jakarta? Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Keberadaan angkutan roda tiga seperti Bajaj di Jakarta semakin hari semakin berkurang. Bahkan ada rumor yang mengatakan akan menghapus keberadaan bajaj di Jakarta.

Dari tahun 1999 hingga 2014, jumlah bajaj dikatakan stagnan cenderung menurun. Di 1999 jumlahnya mencapai 14.612 unit sementara di 2014 14.320 unit.

"Bajaj jumlahnya nggak terlalu berkembang, stagnan dari 1999 sampai 2014 malah terjadi penurunan," Ketua Bidang Advokasi Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Darmaningtyas, kepada wartawan di Jakarta.

Ini menurut Darma disebabkan beberapa hal. Misalnya sopir bajaj yang mulai beralih menjadi ojek motor, kemudian adanya peremajaan.

"Ini karena beberapa hal dominasi seperti sepeda motor, sopir banyak beralih jadi ojek, yang kedua ada semula kan bajaj oranye tapi suaranya memekakkan telinga, asapnya, mau diganti dengan bajaj biru hanya saja terjadi kementokkan entah karena monopoli dan sebagainya harganya tinggi dan sebagainya sehingga jadi stagnan," tutur Darma.

Setoran yang harus diberikan sopir bajaj ke penyewa juga dinilai tinggi sehingga membuat orang-orang berpikir dua kali dan justru beralih menjadi ojek.

"Sekarang harga bajaj Rp 70-120 juta itu sebabkan setoran mahal berpengaruh ke sopir bajaj," ungkapnya. (dry/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed