Rabu, 31 Agu 2016 11:49 WIB

Hati-Hati MBtech Palsu, Ini Tips Pilih Bahan Asli

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jakarta - Perusahaan kulit sintetis pelapis jok, MBtech memang telah banyak dikenal. Menguatanya nama MBtech membuat adanya oknum yang memanfaatkannya untuk menawarkan pelapis sintetis palsu atau KW.

MBtech dalam siaran persnya mengatakan, ada oknum yang mengambil kesempatan atas maraknya pasar synthetic leather, mengecoh konsumen dengan menjual dan menawarkan 'MBtech KW'. Sebutan MBtech KW itu bisa mengecoh konsumen dengan mengatasnamakan brand MBtech.

Padahal, MBtech tidak pernah memproduksi barang KW dan tidak pernah ada istilah KW di lini produk MBtech. Sebab, MBtech menyebut, selalu memproduksi bahan pelapis sintetis dengan mengutamakan kesempurnaan kualitas dan melalui kontrol kualitas yang sangat ketat.

Tak hanya menjual dan menawarkan produk KW, praktik penipuan juga marak dilakukan dengan cara mencampur bahan MBtech dan produk KW untuk aplikasi pemasangan jok dan interior. Pencampuran bahan ini hanya sebagian kecil jok atau interior yang dipasang menggunakan bahan MBtech seperti bagian seating parts, atau bahkan lebih kecil dari bagian tersebut.

Mungkin karena praktik penipuan dan pencampuran bahan MBtech ini ada beberapa konsumen yang kebingungan memilih bahan pelapis sintetis dan perbedaan MBtech asli dan produk KW.

"Untuk itu MBtech merasa perlu untuk memberikan warning kepada para konsumen untuk berhati-hati, lebih teliti dan jeli dalam memilih bahan sintetis dan jangan sampai terkecoh dengan istilah 'MBtech KW'. MBtech juga tidak akan merekomendasikan bengkel dan seatmaker nakal kepada konsumen, sehingga konsumen tidak akan salah memilih seatmaker untuk mengerjakan jok dan interior kendaraannya," kata MBtech.

Berikut tips mendapatkan MBtech Asli:

- Kenali modus-modus penipuan seperti menawarkan bahan, tekstur dan warna yang mirip MBtech dengan sebutan 'MBtech KW' baik oleh pihak yang tak bertanggung jawab maupun bengkel dan seatmaker.

- Teliti penggunaan bahan pada setiap bagian interior, jangan pernah menerima pencampuran bahan MBtech dengan produk KW atau palsu karena dalam waktu tak terlalu lama warna dan kualitas produk KW atau palsu akan berubah dan berbeda dengan MBtech yang asli.

- Setiap bahan pelapis MBtech yang asli selalu terdapat cetakan logo-logo MBtech pada bagian belakang bahannya seperti dapat dilihat pada Color Sample produk MBtech.

- Jangan mudah tergiur dengan iklan-iklan penawaran harga murah yang menjanjikan memakai bahan MBtech.

- Pilihlah seatmaker yang mau memberikan jaminan keaslian bahan MBtech yang digunakan dengan mencantumkan atau menyetempel 'Bahan yang digunakan dijamin 100% full MBtech Asli' pada kwitansi pembayarannya. Sehingga bila suatu saat diketahui bahan yang digunakan bukan MBtech asli, konsumen dapat meminta pertanggungjawaban. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com