Sabtu, 09 Apr 2016 15:22 WIB

Penerapan Mobil Beremisi Rendah Dilakukan Bertahap

M Luthfi Andika - detikOto
Jakarta - Program mobil dengan emisi rendah atau Low Carbon Emission Program hingga kini belum direalisasikan. Menteri Perindustrian, Saleh Husin mengatakan untuk mewujudkan program tersebut akan bertahap.

Low Carbon Emmision (LCE) masuk dalam road map industri otomotif di tanah air. Sebelumnya, program mobil beremisi rendah itu direncanakan akan mulai diterapkan pada tahun ini.

Namun hingga saat ini, program LCEĀ  masih dalam tahap pembahasan antara pemerintah dengan Gaikindo.

Saleh Husin sendiri mengaku untuk menerapkan program LCE butuh waktu yang tidak sebentar dan perjalanan proses yang bertahap.

"Kita mendorong kendaraan yang diproduksi low emission. Ada yang beberapa mulai sudah mengarah kesana, tidak mungkin mendorong secepatnya. Secara bertahap mereka menuju kesana. Masing-masing kendaraan punya tipe masing-masing," ujar Saleh Husin saat berkunjung ke pameran IIMS 2016, Jumat (9/4/2016).

Pada Februari lalu, pihak Gaikindo memberikan pernyataan bahwa program LCE tengah dalam pembahasan intensif dengan Kementerian Perindustrian bersama akademisi.

Sebelumnya, pemerintah telah menerapkan program mobil ramah lingkungan dengan biaya rendah atau Low Cost Green Car pada tahun 2013. Sejumlah pabrikan mobil meluncurkan andalan mereka di segmen tersebut.

Segmen LCGC mendapat dukungan dari pemerintah. Dukungan yang diberikan berupa pembebasan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil kapasitas maksimum 1.200 cc yang juga dapat menempuh 20km per liter. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com