Polri Bentuk Forum Kemitraan Polisi Masyarakat Bidang Motor Besar

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Minggu, 06 Mar 2016 12:24 WIB
Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) membentuk Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) Motor Besar Indonesia. Kali ini, Polri melantik pengurus FKPM Bidang Motor Besar.

Kababinkamtibnas/Kasubdit Bin Polmas Binmas Baharkam Polri, Kombes Pol M. Elia W. M mengatakan, Polri telah membentuk program perpolisian masyarakat. Dia menyebut, FKPM ini merupakan wujud dari program perpolisian masyarakat yang dicanangkan oleh Kapolri Jenderal Badrodin Haiti.

"FKPM berawal dari penjabaran oleh Polri. Ada enam program yang dijabarkan. Program keenam adalah Perpolisian Masyarakat. Dari program keenam ini terkait dengan perpolisian masyarakat, wujudnya adalah FKPM. Perpolisian masyarakat harus ada FKPM. FKPM harus ada ketua dan pengurusnya. Dan saya ditunjuk sebagai Babinkamtibnas (Kepala Badan Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) Komunitas Motor Besar di Indonesia," kata Elia di Kantor Baharkam Polri, Jakarta, Minggu (6/3/2016).

Untuk diketahui, FKPM merupakan suatu bentuk kemitraan antara polisi dan masyarakat. Forum ini dibuat dalam berbagai bidang untuk mendukung keharmonisan hidup bermasyarakat, termasuk dalam bidang motor besar. Nantinya setiap masalah terkait yang dianggap perlu diselesaikan di dalam masyarakat akan dibantu lebih dahulu melalui Badan Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) Komunitas Motor Besar.

Melalui FKPM ini, pengguna motor besar berjanji akan mendukung penuh tugas polisi masyarakat. "Melalui pembinaan komunitas motor besar Indonesia mari kita disiplin tertib lalu lintas dan dukung BNN berantas narkoba serta siap bela negara," janji pengguna motor besar yang tergabung dalam FKPM di depan Kombes Pol M. Elia W. M.

Elia mengatakan, program FKPM Bidang Motor Besar ini bakal mendukung kebijakan pemerintah. Dukungan itu berupa disiplin dan tertib lalu lintas, memberantas narkoba dan membela negara.

"Kita akan mendukung kebijakan pemerintah. Pertama kita siap bela negara. Kedua memberantas narkoba yang dipimpin oleh Kepala BNN (Badan Narkotika Nasional) Pak Buwas (Komjen Pol Budi Waseso). Ketiga karena kita touring, mendukung objek wisata, kita harus tertib lalin," sebut Elia. (rgr/ddn)