Rabu, 01 Jul 2015 12:16 WIB

Menyusuri Cipali

Jalan Tol Cipali, Ada yang Dilapisi Aspal, Ada Juga Beton

Aditya Maulana - detikOto
Jakarta -

Ketika melaju dari arah Jakarta menuju ke jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Anda harus melewati jalan tol Cikampek lalu masuk ke gerbang Tol Cikopo. Dari pintu tol Cikopo, Anda akan ditemukan jalanan aspal yang mulus.

Jalanan aspal yang mulus ini akan terus Anda temui hingga kilometer 164. Karena di kilometer 164 sudah bukan aspal tapi Anda akan ditemukan jalan yang dibuat dari beton. Karena masih baru, maka baik aspal atau beton tetap halus.

Saat detikOto menyusuri tol terpanjang di Indonesia dengan 116,75 km pada Senin (30/6/2015) jalanan yang dibalut aspal hitam itu benar-benar mulus, begitu juga dengan betonnya.



Tapi, ada beberapa ruas jalan terutama di kilometer 175-180-an, pengelola tol sengaja mengombinasikan jalan dengan aspal dan beton. Jaraknya sekitar 50 atau 100 meter.

Contohnya, 50 meter atau 100 meter jalan beton, 15-20 meternya aspal. Begitu seterusnya hingga ke pintu keluar tol Palimanan.

Hal itu dilakukan mungkin untuk menghilangkan rasa kantuk pengemudi, karena jalanan yang lurus bisa menyebabkan pengemudi mengantuk. Jadi ketika melewati jalan yang dikombinasikan itu, pengendara atau penumpang di mobil akan sedikit merasakan getaran seperti melewati polisi tidur yang rendah.

(ady/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com