Rabu, 15 Apr 2015 13:29 WIB

Pemerintah Keluarkan Peraturan Baru Soal Mobil Motor

- detikOto
Jakarta -

Para Agen Pemegang Merek (APM) mobil dan sepeda motor yang ada di Indonesia kini tidak bisa asal mengimpor kendaraanya. Sebab, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perindustrian baru saja membuat peraturan baru.

Direktur Industri Alat Transportasi Darat Kementerian Perindustrian Soerjono mengatakan, peraturan baru itu sudah tercantum dalam Permenperin Nomor 34 Tahun 2015. Dalam regulasi itu menjelaskan bahwa setiap APM yang melakukan proses perakitan di Indonesia kini memiliki kuota impor.

"Untuk APM yang melakukan impor CKD maupun IKD kini kita batasi menjadi 10.000 unit per tahunnya," ujar Soerjono saat dihubungi detikOto.

Untuk pabrikan yang melakukan impor CKD ataupun IKD lanjut Soerjono tetap diberikan keringanan tapi tetap ada pengecualian khusus.

"Misalnya di tahun ketiga pabrikan itu wajib melakukan ekspor dan bagi yang belum mampu juga kita kasih waktu sampai tahun ke 7 untuk berinvestasi di Indonesia," lugasnya.

Soerjono menambahkan, adanya peraturan baru ini untuk mendorong ekspor di sektor otomotif semakin tinggi karena devisitnya masih cukup besar. Tak hanya itu, peraturan baru ini juga untuk menciptakan peluang usaha yang tinggi bagi masyarakat Indonesia.

"Perlu diketahui defisit dalam sektor otomotif itu masih tinggi. Dengan adanya peraturan baru ini diharapkan bisa membantu defisit negara agar lebih baik lagi," tuntasnya.

(ady/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com