Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 30 Juli 2013, 09:37 WIB

Alfa Romeo Spider Siap Reborn

- detikOto
Alfa Romeo Spider Siap Reborn dok autocar
Milan - Alfa Romeo siap kembali menggebrak dunia dengan mobil baru mereka. Kali ini mereka dikabarkan tengah mempersiapkan mobil sport mungil bernama Alfa Romeo Spider.

Mobil sport ini dibangun dengan platform yang sama dengan Mazda MX-5 dan desainnya dikerjakan oleh Marco Tencone, kepala desainer di Alfa Romeo dan Maserati. Tencone bersama tim mengerjakan desain mobil ini di dua studia, Fiat Centro Stile dan sebuah studio satelit di Jepang.

Tencone yang juga merancang mobil sport Alfa 4C dan Maserati Quattroporte dan sedan Ghibli ini tidak terpaku pada sejarah desain Alfa Romeo. Desain Duetto di pertengahan tahun 1960 sudah tidak terlihat meski aura mobil konsep Duettotanta yang lahir di 2010 cukup terasa.

\\\"Spider terbaru pasti tidak akan retro dalam hal desain,\\\" kata sumber di Alfa Romeo seperti dikutip Autocar. \\\"Spider harus kontemporer dan harus masuk ke dalam kisaran 4C modern,\\\" tambahnya.

Sebagai sebuah mobil sport mungil, Alfa Romeo Spider didesain untuk menjadi mobil yang kompak namun tetap memiliki garis tegas ala sebuah mobil sport.

Alfa Romeo dan Mazda berbagi paltform untuk melahirkan mobil ini, tapi urusan desain, Spider diklaim bakal lebih stylish dibanding MX-5, tapi keduanya tetap akan ringan karena hanya akan memiliki bobot antara 1.000-1.100 kg saja berkat penggunaan baja berkekuatan tinggi dalam sebagaian besar struktur tubuh.

\\\"(Tapi) mereka akan memiliki tubuh yang berbeda,\\\" kata sumber disana.

Untuk jantungnya, mesin 1.4 TB MultiAir dengan turbocharged diperkirakan akan ditempatkan di mobil ini dengan pilihan output antara 119 bhp atau 168 bhp. Mesin itu digunakan oleh Giulietta, tapi diperkirakan untuk Spider tenaganya bakal lebih kuat dari itu.

Karena itu, meski menggunakan platform yang sama, Spider dan MX-5 tidak akan sama. Autocar mengatakan kalau persentase kemiripan di antara keduanya hanya bakal berada di angka 40 persen.

Peluncuran keduanya pun akan terpisah meski tetap di tahun yang sama, 2015.

Alfa Romeo Spider sendiri bukanlah keluarga baru di Alfa Romeo. Nama ini terkenal dan telah diproduksi Alfa Romeo dari 1966 sampai 1993 dan telah memiliki empat generasi.

Total sudah ada 124.104 Alfa Romeo Spider yang diproduksi dalam rentang 1966-1993 itu.

(syu/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed