Bentuk Selo Berbeda dengan Tucuxi, Harga Lebih Terjangkau

- detikOto
Rabu, 20 Mar 2013 08:57 WIB
Jakarta - Setelah Tucuxi hancur akibat kecelakaan di Plaosan, Magetan beberapa waktu lalu. Rupanya tidak membuat Menteri BUMN Dahlan Iskan berhenti untuk memiliki mobil listrik karya anak bangsa Indonesia.

Dikabarkan mobil listrik terbaru yang dijuluki Selo karya 'Putra Petir' tersebut akan mengadopsi model yang berbeda dengan Tucuxi.

"Iya Selo itu benar (akan hadir) waktu itu saya juga ikut dalam pertemuan itu. Tapi aku belum dapat data yang kongkrit, dan itu sudah lama kita rencanakan pasca Tucuxi (terjadi kecelakaan)," kata Kepala Humas Kementerian BUMN Faisal Halimi, saat dihubungi detikOto, Rabu (20/3/2013).

"Tapi bisa dipastikan Selo akan memiliki model yang baru. Tapi saya masih sulit menggambarkannya, karena saya belum mendapatkan kabar yang pasti," tambahnya.

Seperti pemberitaan detikOto sebelumnya, hadirnya mobil listrik Selo diketahui setelah Dahlan mengkonfirmasi lewat akun Twitter-nya. "Yang baru nanti namanya Selo," kata Dahlan di akun Twitter-nya.

Dikabarkan, mobil listrik Selo dikembangkan lebih murah ketimbang Tucuxi yang menghabiskan dana Rp 3 miliar. Dahlan mengatakan mobil listrik Selo hanya membutuhkan dana Rp 1,5 miliar.

Perubahan akan terjadi tidak hanya pada nama dan desainnya, melainkan merembet pada jeroan mobil dimana mobil listrik Selo nantinya akan menggunakan girboks.

Penggunaan girboks sepertinya untuk menghilangkan trauma yang dialami Dahlan Iskan. Dahlan mengaku sendiri kapok mengembangkan mobil listrik tanpa girboks.

(lth/ikh)