Jokowi Ingin Masyarakat Jakarta Beralih ke Transportasi Umum

- detikOto
Senin, 04 Mar 2013 18:46 WIB
Jokowi
Jakarta - Masalah kemacetan merupakan salah satu tugas berat yang diemban Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo. Pertumbuhan jumlah kendaraan baik di Jakarta maupun di wilayah luar Jakarta juga mendorong salah satu faktor kemacetan tersebut.

Pemprov DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya menyebutkan kalau jumlah kendaraan roda empat di wilayah Jakarta mencapai 2.541.351 unit sedangkan untuk roda dua mencapai 9.861.451 unit atau mengalami peningkatan sebesar 11 persen dari tahun sebelumnya.

Berbagai solusi ditawarkan oleh pemerintah DKI Jakarta, entah itu busway, 3 in 1, penerapan nomor ganjil genap hingga kenaikan tarif parkir sampai ke rencana pembangunan Monorail dan Subway.

Menanggapi hal itu, Pemprov DKI Jakarta juga menawarkan perbaikan layanan angkutan massal dan membangun transportasi publik yang terintegrasi moda transportasi agar menjadi lebih baik dari sebelumnya sehingga masyarakat Jakarta bisa beralih ke sarana transportasi umum.

"Diharapkan masyarakat dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan beralih ke transportasi umum agar dapat mengurangi kemacetan," ungkap Jokowi dalam keterangan pers yang detikOto terima, Senin (4/3/2013).

Dengan adanya perbaikan layanan angkutan massal, masyarakat nantinya akan jauh lebih nyaman menggunakan alat transportasi umum di Jakarta. Sehingga alat transportasi pribadinya bisa ditinggalkan untuk sementara dan beralih ke alat transportasi umum.


(ady/ddn)