Rabu, 04 Mei 2011 22:33 WIB

First Ride Honda Spacy Helm In

- detikOto
Jakarta - Produsen motor Honda baru saja mengeluarkan Skutik terbaru bernama Honda Spacy Helm In. Beruntung detikOto berkesempata menjajal motor ini sesaat setelah peluncuran resminya diadakan. Bagaimanakah sensasi skutik baru Honda ini?

Peluncuran Honda Spacy Helm In dilaksanakan di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Setelah peluncuran, Honda memberi kesempatan detikOto menjajal motor ini di 'sirkuit dadakan' di pelataran parkir PRJ.

Sebelum kita membahas kemampuannya mari kita lirik dulu desain tubuh Honda Spacy ini. Berbekal konsep 'Modern Elegan' Honda Spacy tampil sedikit gambot dengan desain lampu depan yang modern yang otomatis bisa menyala begitu mesin dinyalakan dan lampu belakang yang futuristik, panel indikator pun tergolong mudah dilihat dan dipahami.

Namun meski gambot, motor yang bagasinya bisa diisi oleh helm full face ini ternyata tidak begitu menyulitkan ketika dinaiki. Dengan jarak terendah ke tanah hanya 128 mm, kaki detikOto yang memiliki tinggi 169 cm dapat berpijak dengan mantap.

Selain itu, motor ini juga memiliki ruang yang lebih luas untuk kaki pengendara yang tentunya menambah tingkat kenyamanan berkendara.

Pengetesan kali ini sendiri tidak dimaksudkan untuk mengetes performa motor dan mengail kecepatan puncak motor ini, tapi lebih ke kemampuan manuver Honda Spacy Helm In ketika melewati berbagai tikungan yang sudah dibuat.

Ulir gas pun diputar, mesin 4 langkah SOHC yang memiliki volume 108 cc pun menderu dan menarik motor maju. Kesan pertama yang didapat adalah respon Honda Spacy yang cukup tanggap.

Masuk ke tikungan, tubuh gambot Honda Spacy ternyata tidak terbukti menjadi halangan motor ini untuk bergerak dan meliuk. Dimensi tubuh 1.841 x 660 x 1.094 mm (PxLxT) yang dimiliki Honda Spacy masih toleran dan handal melakukan manuver.

Hanya saja ada satu hal yang sedikit menganjal ketika melibas tikungan, yakni jarak standar ke tanah yang cenderung rendah membuat pengendara yang menikung agak tajam harus berhati-hati karena standar mudah menyentuh aspal.

Setelah puas mengetes, detikOto mencoba kembali Honda Spacy lain. Kali ini bukan sebagai pengendara, namun sebagai boncenger untuk mengetahui tingkat kenyamanan penumpang motor ini.

Ketika naik, posisi footstep Honda Spacy terbukti cukup membuat rasa nyaman. Posisi footstep motor ini tidak diletakkan terlalu tinggi sehingga penumpang belakang tidak perlu terlalu menekuk kakinya.

Spesifikasi


  • Mesin 108 cc 4 langkah SOHC diameterXlangkah 50x55 mm dengan rasio kompresi 9,2:1
  • Tenaga 6.28 kW (8,54PS) di 8.000 rpm
  • Torsi 8.03 Nm di 6.000 rpm
  • Kapasitas tangki 5 liter
  • Transmission otomatis V-Matic
  • Suspensi depan teleskopik
  • Suspensi belakang lengan ayun dan mono shock

Poin Plus


  • Desain fresh
  • Bagasi luas sampai 18 liter
  • Ruang kaki lapang


Poin Minus
  • Jarak standar terlalu rendah
  • Jok keras


(syu/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed