ADVERTISEMENT

Yamaha Klaim Lexam Irit BBM

- detikOto
Minggu, 20 Feb 2011 18:20 WIB
Jakarta - Meski bertransmisi otomatis Yamaha mengklaim Lexam tetap irit bahan bakar. Efisiensi motor bebek Lexam menurut Yamaha mencapai 1:35-40 km per liter.

Assistant General Manager Technical Support PT Yamaha Motor Kencana Indonesia Muhammad Abidin mengatakan kalau keiritan Lexam sama dengan motor-motor matik yang ada sekarang dan malah bisa lebih irit lagi karena desain bebek yang diusungnya jauh elebih dinamis dibanding desain skutik kebanyakan.

"Konsumsi bahan bakar Lexam sama saja dengan mesin matik yang ada sekarang. 35-40 km per liter," ujarnya di dalam peluncuran Lexam di Cilandak Town Square, Jakarta, Minggu (20/2/2011).

"Lagi pula masyarakat kita kan tidak sedetail itu. Mereka tidak mengukur 1 liter bensin untuk berapa km, tapi lebih ke berapa kali ke POM bensin dalam seminggu," imbuhnya.

Selain itu teknologi yang diusung motor ini menurut Abidin juga sudah sangat maju dan membuat motor ini semakin irit. Teknologi YCAT (Yamaha Compact Automatic Transmission) yang disematkan di dapur pacu Lexam diklaim membuat mesin berkapasitas 113,7 cc menjadi tahan lama, minim getaran dan suara yang lebih halus.

V-Belt Lexam menurut Abidin juga sudah dirancang dengan memberi kandungan plastik resin pilihan yang membuatnya lebih kuat terhadap panas, tidak cepat aus dan tahan hingga 100.000 km.

"Silinder bodi Lexam mirip dengan Jupiter Z 113 cc. Jadi keiritannya juga mirip," tandasnya.

Tapi ketika detikOto mencoba motor ini dari Cilandak Town Square ke Monas lalu kembali lagi ke Cilandak Town Squre, jarum penunjuk kapasitas bensin yang tadinya berada di posisi F (Full) sudah jauh berkurang menjadi di posisi tengah.

Padahal menurut Patwal yang mengawal perjalanan, jarak antara Citos-Monas PP hanyalah sekitar 30 km saja. Tangki bensin Lexam sendiri sanggup menampung 4,1 liter bensin.

"Kalau keiritan jalan di jalanan. Itu kan tergantung dari karakter pengendara," elaknya.

(ddn/ddn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT