Sabtu, 27 Nov 2010 10:49 WIB

Peugeot 5008 Tak Perlu 'Minum' Pertamax Plus

- detikOto
Jakarta - Peugeot baru saja memboyong Multi Purpose Vehicle (MPV) terbaru mereka Peugeot
5008. Meski sudah mengusung standar emisi hingga Euro 5, mobil ini ternyata masih mau dikasih minum Pertamax biasa.

Chief Executive Astra International-Peugeot Constantinus Herlijoso yang mengimpor langsung mobil ini dari tanah leluhurnya, Prancis mengatakan kalau sebelum masuk ke Indonesia pihaknya sudah mempelajari bahan bakar yang banyak tersedia disini.

Dan ketika dikonsultasikan ke prinsipal mereka di Prancis, didapat kalau bensin dengan kadar oktan RON 92 masih bisa diminum mobil ini.

"Mengenai oktan kita sarankan diatas 92, seperti oktan 95 misalnya. Tapi kita sudah coba, secara spesifikasi ternyata masih bisa pakai Pertamax biasa," ujarnya di sela-sela peluncuran di kawasan Jalan Mas Mansyur, Jakarta.

Dapur pacu Peugeot 5008 sendiri mengusung mesin EP6CDT Turbo, 16 valve, VVT, VVL
yang berkapasitas 1.598 cc. Nah, karena sudah dilengkapi dengan turbo, mobil ini pun dengan mudah mampu mencapai tenaga hingga 156 hp di putaran 5.800 rpm dengan torsi mencapai 240 Nm di 1.400 rpm.

Sementara ketika disinggung apakah Peugeot berniat memasukkan varian dengan mesin diesel yang dianggap banyak pihak sebagai mesin masa depan, Herlijoso mengatakan belum berniat ke arah sana.

Dia menjelaskan kalau secara teknologi Peugeot sebenarnya sangat siap dengan berbagai mesin diesel terbaru. Tapi masalahnya, jaringan penjualan bahan bakar diesel dengan kualitas baik masih sangat minim di Indonesia.

"Terus terang, kami memang mempelajari kemungkinan untuk memasukkan mobil bermesin diesel ke Indonesia. Tapi kami masih ragu dengan jaringan yang menjual solar berkualitas bagus seperti DEX. Di daerah SPBU yang jual solar bagus masih sangat sedikit. Kasian yang punya nanti," jelasnya.



(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed