Polri Belum Lirik Mobnas GEA

ADVERTISEMENT

Polri Belum Lirik Mobnas GEA

- detikOto
Jumat, 12 Nov 2010 08:59 WIB
Jakarta - Kepolisian Republik Indonesia baru saja dibuatkan sebuah mobil patroli baru yang lebih kompak dan lincah. Dan yang paling istimewa, mobil mungil ini adalah mobil nasional buatan asli anak bangsa yakni GEA. Tapi sayang, kepolisian belum memesannya.

Kepolisian terutama yang berada di kota besar saat ini masih menggunakan mobil buatan produsen asing yang cukup sulit menjangkau gang-gang kecil yang sering
ditemui di kota-kota besar di Indonesia.

Padahal GEA versi polisi yang diproduksi oleh PT Inka merupakan hasil kolaborasi antara PT Inka dengan Kementerian Ristek dan Polri melalui Puslitbang Polri. Jadi bisa dibilang ini adalah mobil yang dibuat sendiri oleh Polri.

"Sampai saat ini kerja sama kita dengan Polri masih sebatas pengembangan saja. Kalau pemesanan, belum ada," ujar marketing PT Inka Iwan Ridwan.

D lihat dari tampilannya, GEA versi kepolisian yang memiliki wheelbase 1.965 mm ini tampak lebih manis. Dari depan, bumper GEA tampak lebih sporty dengan lubang
udara yang cukup besar. Sportifitas ini makin bertambah kental berkat aplikasi fog lamp dan head lamp yang berdisain modern.

Di balik bonnetnya, GEA ini mengusung dapur pacu 650 cc masih seperti GEA yang lama namun dengan sistem injeksi EFI dan penggerak roda depan.

Lari kebelakang tampak buritan yang sederhana namun elegan dengan tambahan tulisan Polmas (polisi masyarakat) di belakangnya. Tulisan itu mempertegas bahwa ini adalah mobil kepolisian. Terlebih dibagian tengah mobil tertulis tulisan Patroli dengan logo Samapta yang lumayan besar.

Dan bila kita masuk kedalam mobil yang memiliki dimensi 3.320x1.490x1.640 mm (PxLxT) ini nuansa mewah tersembur berkat pilihan warna beige di kabin mobil
meski atribut dibagian dalam seperti roda kemudi, panel indikator atau AC Control masih tampak jadul.

"Saat ini GEA Polmas ini masih sebagai sampel saja. Belum ada pesanan dari kepolisian. Tapi semoga mereka cepat memesan," tambahnya lagi.

(syu/ddn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT