Rabu, 06 Okt 2010 11:13 WIB

Lotus Kenalkan Konsep City Car

- detikOto
Paris - Selain line up mobil-mobil supernya, Lotus ternyata tidak melupakan segmen mobil kecil perkotaan. Karenanya, sebuah mobil kecil perkotaan dikenalkan Lotus, sebagai mobil urban yang ramah lingkungan.

Dengan berat hanya 1.400 kg, tiga pintu, city car ini memiliki dimensi kompak yang bisa membawa empat penumpang, dengan mesin bensin untuk menggerakkan roda depan. Sementara dua roda belakangnya akan digerakkan motor listrik.

Baterainya dengan apik dipasang di bawah kompartemen penumpang. Memiliki daya dahsyat 162 Kw atau setara dengan 220 PS dan torsi mencapai 240 Nm. Jangkauan listriknya sejauh 500 km.

Sementara mesin bensinnya mengandalkan kapasitas 1.2 liter berteknologi flex-fuel power, sehingga bisa meminum etanol maupun metanol. Mesin ini digunakan hanya untuk menggerakkan motor listrik.

Akselarasinya lumayan, bila diajak berlari 0-100 km/jam, citycar Lotus ini membutuhkan waktu 9 detik. Dan bisa dikebut sampai dengan kecepatan maksimalnya mencapai 170 km/jam.

Kadar emisinya pun sangat bersahabat dengan alam, yakni sekitar 60 g/km, dan bahkan bisa nol emisi bila dikendarai hanya listriknya saja di dalam kota.

Desainnya pun tak kalah menarik, karena Lotus merancang city car ini dengan atap kaca, juga pelapis kabin beraksen kotak-kotak, serta sentuhan kulit dan serat karbon.

"Lotus Design telah menciptakan sebuah city car berkarbon rendah, dengan banyak sentuhan desain yang menginspirasi," kata CEO Lotus Grup, Dany Bahar, dalam siaran pers, Rabu (6/10/2010)

Sementara Chief Engineer Lotus, Wolf Zimmerman mengatakan, saat ini Lotus sedang mencari mitra untuk memproduksi mobil perkotaan ini, yang direncanakan untuk bisa meluncur tahun 2014 mendatang.

(bgj/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com