Rabu, 06 Okt 2010 07:36 WIB

Suzuki Luncurkan 3 Model Moge

- detikOto
Cologne - Produsen sepeda motor Suzuki memperkuat jajar motor sport dengan meluncurkan 3 model motor gede terbaru yakni Suzuki GSX-R600, GSX-750, GSR-750.

Ketiga motor ini dipamerkan di Intermot Motorcycle Show di Cologne, Jerman.

Mengusung wajah baru, ketiganya kini tampil lebih segar namun tetap sangar. Wajahnya kini lebih terlihat agresif dengan pengembangan bodi yang lebih inovatif.

Untuk memperkuat kuda-kuda ketiganya, Suzuki menggunakan sasis terbaru yang lebih kuat. Sasisnya kini lebih pendek 15 milimeter. Pemangkasan itu untuk meringankan langkah motor sport Suzuki ketika menapak di jalanan.

Tak dapat dipungkiri, perubahan itu menandakan determinasi Suzuki dalam dunia motor sport cukup besar. Tidak hanya dari segi tampilan dari segi kekuatan sasis sangat diperhitungkan oleh Suzuki. Tak ayal membuat pesiangnya cukup waspada.

Dari segi mesin, salah satunya GSX-R600, Suzuki telah memperbaiki dengan penyematan teknologi terbaru sehingga tenaga mesin bisa lebih besar. Salah satunya yakni penyematan piston yang kuat dan sesuai dengan Finite Element Method (FEM) atau teknologi yang biasa diterapkan di mesin-mesin MotoGP. Kapasitas mesinnya 599 cc DOHC 4 langkah, liquid-cooled, fuel injention.

Desain camshaft diperbesar agar ketika menggerakan katup klep lebih sempurna sehingga kenerja mesin lebih baik. Sementara gigi rasio awal diperpendek agar lebih efisien menjangkau kecepatan atas.

Begitu juga dengan GSX-R750 berkapasitas mesin 750 cc segaris DOHC dan 16 valve. Mesinnya kini lebih efisien sementara tenaganya tidak berubah. Rasa mengendarai motor tersebut jauh lebih baik dari versi sebelumnya. Untuk suspensi menggunakan merek KYB dikedua kakinya.

Dan untuk versi naked bike yakni GSR 750 desainnya jauh lebih agresif dibandingkan dengan motor naked Suzuki sebelumnya dengan tambahan ornamen di setiap lekukan bodi. Ini dirancang untuk mengakomodasi penikmatan kecepatan. Dari segi lari juga lebih lincah. Konsepnya untuk menentang Gladius maupun B-King.

Mesin besarnya kini lebih efisien. Sementara para insinyur mendesain ulang mesin agar menghasilkan torsi besar di RPM rendah. Tempat duduk didesain ulang agar pengendara lebih nyaman berlama-lama mengendarainya.

Wah, ditunggu kedatangannya di Indonesia.


(ikh/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed