Ini Dia Kendaraan Darat Tercepat di Dunia!

- detikOto
Rabu, 21 Jul 2010 13:09 WIB
Farnborough - Kendaraan darat yang dipercaya akan menjadi kendaraan darat tercepat di dunia, Bloodhound SuperSonic Car (SSC) akhirnya diperlihatkan. Kendaraan ini dipercaya mampu melesat cepat hingga 1.609,34 km perjam. Wow!

Bloodhound SSC diperlihatkan di ajang Farnborough International Air Show dan memiliki panjang 42 kaki setelah sebelumnya hanya dipublikasi dalam bentuk gambar saja.

Bloodhound SSC yang merupakan proyek otomotif yang diawasi secara ketat oleh 3.700 siswa, kolese, dan Universitas di seluruh Inggris ini memiliki panjang 12.8 meter dengan ujung melancip seperti pesawat jet.

Kekuatan Bloodhound SSC yang menakutkan memang diyakini bisa dicapai karena kendaraan ini memiliki desain yang aerodinamis dan didorong oleh roket dari Falcon yang kemudian dikombinasi dengan mesin jet tempur Eurofighter-Typhoon yang mampu menyemburkan tenaga gila setara dengan 135.000 hp.

Rencananya 'mobil' ini akan mulai dibangun oleh Hampson Industries yang merupakan sebuah perusahaan perakitan pesawat pada 2011 mendatang dan akan menjalani test di Inggris pada tahun 2012.

Setelah itu, Bloodhound SSC akan memecahkan rekor kendaraan darat tercepat di Hakskeen Pan, yang berada di Northern Cape, Afrika Selatan.

Saat ini rekor kecepatan dipegang oleh ThrustSSC, yang memiliki tenaga hingga 763 mil per jam atau sekitar 1.228 km/jam untuk satu mil (1.6 km) yang memecahkan rekor pada tahun 1997 di Black Rock Desert, USA.

Tiga orang yang berambisi untuk menggugurkan rekor ThrustSSC dengan Bloodhound SSC ternyata hanya berjumlah tiga orang yakni Andy Green yang nanti bertugas menjadi pengemudi Bloodhound SSC, project director Richard Noble dan chief aerodynamicist Ron Ayres.

Drivernya, Andy Green akan mencoba untuk sprint dari 0 - 1.609 km per jam dalam 42 detik. Jika berhasil, Green akan mengalahkan rekor sebelumnya 1.223 km per jam yang dicetak tahun 1997 di belakang kemudi Thrust SSC.

"Melihat EJ200 melesat adalah pemandangan yang menakjubkan, dan menandai sebuah tonggak penting dalam pengembangan Bloodhound SSC," ujar Project Chief Engineer, Mark Chapman, seperti dalam rilis resminya, Rabu (21/7/2010)

"Ada perasaan mendalam pada seluruh tim, bahwa segala sesuatu mulai menjadi nyata, sehingga Bloodhound SSC tidak lagi hanya pada layar komputer," tambahnya. (ddn/ddn)