Rabu, 05 Mei 2010 18:10 WIB

Sejarah Kelahiran Avanza

Restu dari Jepang Tidak Sulit

- detikOto
Jakarta - Sebagai mobil yang digarap secara lokal di Indonesia, MPV Avanza tidak dipersulit kelahirannya oleh prinsipal Toyota di Jepang.

Toyota Motor Corp ternyata memberikan kepercayaan lebih pada PT TAM untuk mengembangkan MPV Avanza.

Kenyataan itu dikarenakan potensi market di Indonesia dengan mobil tersebut sangat besar, apalagi ketika TMC melihat market pada saat ini sedang drop. Dan TMC percaya Avanza akan besar di Indonesia karena potensinya sangat besar.

"Perizinan tidak sulit, karena dilihat dari potensi market, prinsipal melihat market Indonesia sangat besar. dan mereka tahu itu. Apalagi di tengah market ngedrop," tandas Product Planning Department PT Toyota-Astra Motor (TAM) Bansar Maduma kepada detikOto beberapa waktu lalu.

Bansar menuturkan studi dan diskusi mengenai perampungan Toyota Avanza dimulai pada 1999 - 2000. Di tahun ini juga Toyota sudah mulai didesain Avanza hingga pembuatan mesin.

Pada saat itu, Bansar dan Achmad Rizal yang kini menjabat sebagai Marketing Communication Manager PT TAM adalah beberapa orang pemrakarsa Toyota Avanza.

Sekitar 3 tahun berikutnya atau di 2003, Toyota Avanza mulai diproduksi. Dan tidak memakan waktu lama, Toyota Avanza diperkenalkan ke masyarakat tanah air pada Januari 2004.

"Setelah menjalani tahap produksi, Avanza mulai kita kenalkan di Januari 2004," tukas Bansar.

Awal perkenalan Toyota Avanza mengusung mesin 1.300 cc non VVT-i. Waktu itu Toyota memperkenalkan Avanza E dan G manual dengan banderolan Rp 80 - Rp 90 juta. Dilanjutkan dengan Toyota Avanza 1.500 pada 2006.

Pasar Avanza pun terus berkembang dan tidak ada MPV lainnya yang bisa menyaingi di pasar tanah air hingga saat ini.




(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed