Skutik Paling Mewah Honda Segera Lahir

- detikOto
Jumat, 26 Mar 2010 18:03 WIB
Jakarta - Niat Honda untuk memperluas ekspansi mereka di kelas motor tanpa gigi alias matik sepertinya memang sudah sangat serius.

Hal tersebut terbukti, setelah meminta restu memproduksi 360.000 unit Revo matik, kini mereka kembali meminta izin untuk memproduksi sebuah motor lainnya.

Motor anyar tersebut terendus detikOto dari data Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor (TPT) Kementerian Perindustrian. Motor tersebut baru saja di daftarkan Kamis kemarin dengan kode HONDA WW125EXS(B)-IN.

Lagi-lagi, ini merupakan kode yang aneh. Sebab seperti diketahui Honda menggunakan huruf depan mereka sebagai kode dan hingga saat ini hanya ada 4 kode yakni NF, NC, GL dan CS. Sedangkan Revo matik menggunakan kode baru NCF yang merupakan perpaduan antara kode matik (NC) dan kode bebek (NF).

Dari situ jelas, kode 'WW' yang digunakan AHM untuk mendaftarkan motor baru ini merupakan sesuatu yang baru. Dan bila ditelaah dari kode tersebut, motor ini kemungkinan besar adalah sebuah motor bermesin 125 cc.

Bila melihat daftar motor baru berkapasitas 125 cc yang kemungkinan akan masuk ke Indonesia, AHM hanya memiliki sedikit pilihan yakni CS-1 facelift dan PCX saja.

CS-1 facelift, tidak mungkin menggunakan kode 'WW', karena sudah memiliki kode sendiri yakni 'CS'. Jadi yang kemungkinan yang ada hanyalah satu saja, yakni PCX.

Motor ini pertama kali keluar di Thailand dengan menggendong mesin berkapasitas 125 cc 4 tak satu silinder yang dilengkapi fitur ECE 40 Mode cycle.

Bila benar akan datang, PCX akan menjadi matik Honda paling Lux karena telah mengaplikasi teknologi idling stop system yang merupakan teknologi yang dapat membuat mesin PCX mati saat motor ini berhenti dalam waktu lama dan relatif irit karena sanggup melaju sejauh 50 km hanya dengan meminum 1 liter bensin.

Sumber kami di PT Astra Honda Motor pun memastikan kalau motor itu memang benar PCX. "Betul mas," ujar si sumber ketika detikOto bertanya apakah itu kode untuk PCX atau bukan.
(syu/ddn)