Senin, 15 Feb 2010 15:24 WIB

Jenis-jenis Ban Serep

- detikOto
Jakarta - Memang tidak semua ban serep harus beda ukuran. Ada juga yang memang ukurannya sama dengan standarnya. Namun, bila coba menggolongkan, terdapat beberapa jenis ban serep, termasuk rata-rata ukurannya.

Pertama ban cadangan yang ukurannya sama dengan yang terpasang, ini bisa juga disebut sebagai ban pengganti, karena mempunyai kemampuan yang sama dengan ban standar. Perbedaan biasanya hanya pada pelek yang terbuat dari kaleng.

Ban cadangan yang ukurannya lebih kecil dari ban yang terpasang, ini hanya bisa dipakai dalam jarak tertentu dan kecepatan maksimum tertentu. Biasanya disebut Temporary Tire atau Mini Spare Tire.

Baik dari lebar tapak sampai diameter pelek biasanya berbeda beberapa inci dari yang standar. Seperti pada KIA Picanto, ban standar memiliki ukuran 166/70 pelek 14, sedangkan ban cadangannya 155/70 pelek 13. Atau Chevrolet Optra yang memiliki diameter pelek standar ukuran 16 inci, sedangkan pelek serep ukuran 15.

Sedangkan teknologi terkini adalah ban dengan tipe Run Flat Tire (RFT). Ketika ban kempes, mobil masih bisa berjalan sampai jarak maksimal 150 km dengan kecepatan maksimal 80 km/jam.

Tapi biasanya ban RFT kalau sudah menempuh jarak maksimal 150 km tidak bisa digunakan lagi, harus diganti baru.

(bgj/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com