Jumat, 14 Agu 2009 16:27 WIB

Mahasiswa Juga Bisa Buat Mobil Irit BBM

- detikOto
Jakarta - Fenomena mobil irit bahan bakar ternyata tidak diganderungi oleh ATPM yang bermain di kancah otomotif tanah air, melainkan Universitas-universitas di Indonesia pun ternyata mulai tertarik mengembangkan mesin canggih yang menawarkan efisiensi BBM tersebut.

Seperti salah satu tim Semar dari UGM Yogyakarta ini, Mitra Wisnu Harjono sebagai leader yang membawahi sebanyak 19 anggotanya mengungkapkan mampu membuat mesin dengan konsumsi bahan bakar yang sangat efisien.

"Saat ini kita terus mengembangkan prototype dengan mesin yang sangat irit bahan bakar," kata Wisnu kepada detikOto, Jumat (14/8/09) disela-sela konferensi pres Shell Eco-marathon (SEM) di hotel FourSeasons di Jakarta, Jumat (14/8/09).

"Meskipun saat ini belum ada mesin yang mampu berjalan hingga 4.000 kilometer dengan 1 liter bensin," ujarnya.

Wisnu, yang menggunakan engine 30 cc pada kompetisi SEM Juli 2010 mendatang, menilai mobilnya baru mampu berjalan hingga 400 kilometer dengan menggunakan 1 liter bensin dengan sistem induksi atau pembakaran injeksi. Jarak akan lebih jauh didapat jika dilakukan modifikasi pada sistem injeksi."Kemungkinan masih bisa bertambah jarak yang didapat dengan 1 liter bensin," kata Pembimbing Desain tim Semar, Jayan Senta Hady.

Dan Mobil prototype Wisnu saat ini beroda tiga dengan sistem pengerak pada kedua roda belakang. Bodi yang tersemat pada tim Semar yakni compiside atau serat fiber. Rencananya berat bersih mobil prototypenya hanya 38 kg dengan berat engine sekitar 1,5 kg.

Futuristik Prototype ini sudah dibangun mulai Agustus 2009 dan sudah mengeluarkan biaya sebesar Rp 10 juta. Kemungkinan rancang bangun akan berhasil diselesaikan pada Maret tahun depan dengan estimasi biaya sekitar Rp 200 juta.

Tidak itu saja, keikutasertaan Wisnu beserta 19 anggotanya, ingin memecahkan rekor SEM yang pertama kali di Prancis pada 1985 yang mampu menghasilkan mesin berkemampuan jarak tempuh sejauh 3.371 kilometer dengan 1 liter bahan bakar.

(ikh/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com