Kanzen MPM, MPV-nya Motor

- detikOto
Jumat, 15 Mei 2009 16:03 WIB
Jakarta - Tidak hanya mobil yang memiliki kelas sejuta umat, yakni MPV. Motor pun sekarang sudah punya kelas multipurpose tersebut.

Adalah Kanzen Motor Indonesia (KMI) yang mengeluarkan species baru tersebut, melalui produknya Kanzen Multi Purpose Motorcycle (MPM).

Dalam bentuk prototipe, MPM sebenarnya sudah dipamerkan dalam gelaran Jakarta Motor Show (JMS), tahun 2008 lalu.

"MPM motor dengan konsep motor multi fungsi, yang bisa dipakai untuk berbagai keperluan, termasuk urusan perniagaan," ujar Trade Marketing Manager KMI, Cut Dewi Fransina, ketika berbincang dengan detikOto, beberapa hari lalu.

Kanzen MPM, lanjut Dewi, memberikan kapasitas angkut yang cukup besar. Selain itu, juga sudah diperkuat dengan sasis bermaterial baja yang kokoh.

"Sehingga bisa digunakan untuk membawa barang berlebih tanpa mengurangi faktor keamanan berkenadara," papar Dewi.

Berbagai aplikasi inovatif baru pun disematkan pada MPM, seperti K-Tronic, yani pemindahan gigi secara elektrik. Motor bisa pindah gigi secara full otomatis, dimana pengendara bisa memutar langsung gas, motor jalan, atau secara semi otomatis, pindah gigi dilakukan dengan menekan tombol yang terletak di sebelah kiri stang motor. Gampang kan?

Akan tetapi, KMI masih belum bisa memberikan kepastian kapan varian multi purpose ini akan diluncurkan di pasar tanah air.

"Kita masih menunggu kondisi perekonomian kondusif," tutup Dewi.


(bgj/ddn)