Rabu, 25 Mar 2009 16:42 WIB

Indonesia Juga Punya Mobil Murah Seharga Tata Nano

- detikOto
Jakarta - Kehadiran mobil super murah asal India yakni Tata Nano tampaknya begitu menarik perhatian peminat otomotif dunia termasuk Indonesia.

Tapi sebenarnya sejak tahun 2008 lalu negeri kita pun melalui PT INKA (Industri Kereta Api) ternyata juga sudah mengembangkan sebuah mobil nasional berharga murah dengan nama GEA.

Mobil yang merupakan singkatan dari Gulirkan Energi Alternatif ini rencananya akan dilepas di kisaran harga Rp 45-50 juta seharga Tata Nano jika masuk ke Indonesia. Mobil ini tengah menunggu hasil uji kelayakan di pihak terkait.

GEA rencananya akan bergerak lebih nasionalis karena akan menggunakan mesin
lokal buatan BPPT, yaitu mesin Rusnas yang saat ini terus dalam pengembangan dan pengujian lebih lanjut.

Akhir tahun lalu mesin berkapasitas 650 cc dengan bahan bakar gas ini memang sudah di uji oleh PT INKA sendiri dengan hasil yang sangat memuaskan.

Hal itu bukanlah sekedar omong kosong, karena angka tersebut didapat dari hasil ujicoba yang telah dilakukan pada jalur Madiun, Ngawi, Ponorogo, Pacitan dan Magetan yang dilakukukan selama 3 bulan April hingga Juli 2008 lalu.

Dan hasilnya, setelah menempuh jarak 10 ribu km tersebut hanya mengkonsumsi BBM sebanyak 25-30 km untuk setiap liternya.

Jadi, kita tunggu saja kehadiran mobil nasional terbaru kita ini, dan baca terus detikOto untuk mengetahui kabar selanjutnya.



(syu/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed