5 Mercy Baru SBY dan JK

- detikOto
Kamis, 11 Des 2008 12:20 WIB
Jakarta - Mobil protokoler Kepresidenan RI sudah berganti baru. Masih menggunakan saloon mewah produk keluaran Mercedez-Benz dengan spesifikasi antipeluru. Hanya modelnya lebih megah dan gagah dibanding yang lama.

Menurut informasi, pihak Sekretariat Negara memesan 5 unit mobil sedan untuk keperluan dinas dan protokoler Kepresidenan RI. Sesuai aturan protokoler, Presiden RI dan Wapres RI masing-masing mendapatkan 2 unit mobil yang terdiri dari mobil utama dan cadangan. Satu lagi sisanya diperuntukan untuk tamu negara.

Sebanyak 3 dari 5 unit yang dipesan telah tiba di Tanah Air secara bertahap pada Oktober dan November kemarin. Bahkan satu unit yang tiba paling awal telah beberapa kali dipergunakan Presiden SBY dalam acara resmi.

"Sudah dipakai di peringatan Hari Sumpah Pemuda. Saat hari Antikorupsi di Monas kemarin juga dipakai lagi," kata sumber detikOto, Kamis (11/12/2008).

Model yang dipilih adalah saloon Mercedes-Benz S 600 Guard. Sedan mewah antipeluru tersebut bukanlah keluaran terbaru, melainkan 2006. Ia akan menggantikan Mercedes Benz SEL 500 yang telah bertugas sejak era pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) .

Mobil protokoler kepresidenan yang digunakan oleh Presiden Gus Gur tersebut dipesan pada masa pemerintahan BJ Habibie. Maka tidak tertutup kemungkinan Mercedes-Benz S 600 Guard baru ini akan lebih banyak dinikmati oleh Presiden dan Wapres RI hasil Pilpres 2009. (lh/ddn)